Kuliah Umum Internasional Farmasi Unhas, Bahas Lalat Buah dan Interaksi Parasit

23 Jun 2020 , admin-02 Akademik

Tangkapan layar Prof. Petros Ligoxygakis (Departement of Biochemistry, The University of Oxford) saat memaparkan materinya, Selasa (23/06)

Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan webinar series ketiga dengan tema "Trypanosomatid Parasites and Insect Immunity". Kegiatan ini menghadirkan seorang ahli dari Inggris, Prof. Petros Ligoxygakis (Departement of Biochemistry, The University of Oxford).
 
Webinar series berlangsung pukul 16.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal youtube Fakultas Farmasi Unhas, Selasa (23/06).
 
Kegiatan secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Farmasi Unhas, Yulia Yusrini Djabir, Ph.D., Apt. Dalam sambutannya, Yulia menuturkan bahwa Farmasi Unhas menghadirkan ruang belajar untuk mahasiswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan, sekaligus memperkenalkan para pakar dan peneliti yang menjadi acuan. 
 
"Ini merupakan webinar ketiga. Kedepan kita berharap akan ada kolaborasi riset ataupun kegiatan konferensi internasional bersama. Kegiatan webinar ini kita harapkan menjadi media informasi dan sumber rujukan ide penelitian," jelas Yulia. 
 
Usai memberikan sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Prof. Petros Ligoxygakis terkait penelitian yang dilakukan dengan menggunakan lalat buah (Drosophila melanogaster) dalam mempelajari interaksi parasit dan inang. 
 
Dalam penelitiannya, Prof. Petros menggunakan organisme model drosophila melanogaster untuk mempelajari parasit trypanosomatid yang dapat menginfeksi inangnya dan apa yang terlihat pada inang ketika infeksi terjadi. 
 
"Dengan mempelajari hal tersebut pada serangga model lalat buah (Drosophila melanogaster), kita dapat mengetahui informasi mengenai serangga bernama sand fly (Phlebotomus papatasi) yang berinteraksi dengan Leishmania major. Leishmania major ini adalah parasit yang dapat menyebabkan penyakit leishmaniasis pada manusia," jelas Prof. Petros. 
 
Pada kesempatan terpisah, Ketua Panitia, Firzan Nainu, Ph.D., Apt., menambahkan webinar Internasional tersebut merupakan bentuk dukungan Fakultas Farmasi untuk Unhas menuju World Class University. 
 
"Kita ingin menjadikan kegiatan seperti ini sebagai sarana pengembangan wawasan keilmuan sekaligus memperkenalkan peneliti-peneliti dunia beserta riset yang mereka lakukan kepada civitas akademika Farmasi Unhas dan institusi lainnya," jelas Firzan. 
 
Kegiatan yang diikuti kurang lebih 200 peserta melalui aplikasi zoom meeting berlangsung dengan lancar hingga berakhirnya acara pukul 17.30 Wita.(*/mir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :