KKN Unhas di Sultra Lakukan Edukasi Pengelolaan Keuangan dan Bumdes era Pandemi

23 Jul 2020 , admin-02 Akademik

Tangkapan layar seminar online program kerja mahasiswa KKN Unhas Angkatan 104 di Sulawesi Tenggara.

Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin Gelombang 104 yang berlokasi di Sulawesi Tenggara 1 menggagas beberapa program kerja untuk merespon upaya mengatasi masalah pandemi Covid-19.  Selain fokus pada aktivitas edukasi adaptasi kebiasaan baru, peserta juga menggagas beberapa kegiatan individu yang inovatif.

KKN Unhas Gelombang 104 ini mengangkat tema utama “Bersatu Melawan Covid-19”. Peserta KKN diharapkan mengambil peran di tengah masyarakat, namun dengan syarat protokol kesehatan yang sangat ketat.

Supervisor KKN Unhas lokasi Sulawesi Tenggara 1, Dr. Suhardiman Syamsu, S.Sos, M.Si, mengatakan bahwa selain protokol kesehatan, mahasiswa juga diharapkan menggunakan metode terukur untuk menilai capaian setiap program.

“Mahasiswa diharapkan dapat mengambil langkah inovatif. Misalnya, untuk menilaia capaian kegiatan dapat menggunakan kuesioner.  Saya juga berharap agar peserta berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 setempat dalam implementasi kegiatannya,” kata Suhardiman, yang juga merupakan dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini.

Koordinator lokasi Sulawesi Tenggara 1, Moh. Zuhdy Alghiffari, menjelaskan bahwa sebanyak 23 peserta KKN di lokasi ini tersebar pada 11 kabupaten dan kota, yaitu: Kendari, Baubau, Kolaka Timur, Buton Tengah, Muna/Kota Raha, Konawe, Buton, Konawe Utara, Muna Barat, Konawe Selatan, dan Wakatobi.

Program kerja dari Sultra 1 ialah secara umum adalah edukasi terakait Covid-19. Dalam implementasinya, mahasiswa membuat poster yang disebar secara daring maupun luring, serta penyuluhan online terkait Covid-19.

“Selain itu, kami juga menggagas penyuluhan tentang pengelolaan keuangan di situasi pandemi Covid-19. Kami juga melakukan edukasi terkait manajemen Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes. Semua program ini dilakukan dengan memperhatikan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat,” kata Zuhdy.

Sesuai arahan dari dosen pendamping/supervisor, mahasiswa KKN Unhas di lokasi Sultra 1 mempersiapkan mekanisme evaluasi setiap kegiatan edukasi dengan melakukan pre-test dan post-test.(*/ir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :