KKN Unhas di Lokasi Pinrang 2 Sosialisasikan Adaptasi Kebiasan Baru

21 Jul 2020 , admin-02 Akademik

Tangkapan layar seminar online program kerja mahasiswa KKN Unhas Angkatan 104 di Pinrang.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin Gelombang 104 yang berlokasi di Pinrang 2 memfokuskan program kerjanya pada sosialisasi terkait Adaptasi Kebiasaan Baru.  Lokasi Pinrang 2 meliputi 3 kecamatan, yaitu Lembang, Mattiro Bulu, dan Lanrisang).
 
Melalui seminar program kerja yang digelar secara daring pada Jum’at (17/7) melalui aplikasi zoom meeting, seluruh peserta yang berjumlah 20 orang mendiskusikan kegiatan yang akan mereka lakukan, baik yang bersifat kegiatan kelompok maupun individual.
 
Seminar Program Kerja ini dihadiri oleh Camat Lanrisang,Sekretaris Camat Mattiro Bulu, Kepala Bagian Umum, Hukum dan Kepegawaain Kecamatan Lembang, Kepala Desa Binanga Karaeng, Kepala Desa Padakkalawa, dan Kepala Desa Alitta.
 
Dalam sambutannya, Camat Lanrisang, H. Abdul Azis Mustari, menyambut baik kehadiran mahasiswa KKN Unhas di wilayahnya.  Meskipun kehadiran mereka secara daring, namun dirinya percaya mahasiswa dapat menggelar kegiatan yang sesuai dengan semangat menghentikan sebaran Covid-19.
 
“Saya mengapresiasi kampus. Kegiatan KKN ini merupakan momen yang sesuai dalam masa pandemi, karena program kerja yang dirancang berkaitan langsung dengan upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19,” kata Camat Abdul Azis.
 
Hal senada disampaikan oleh Kasubag Umum, Hukum dan Kepegawaian Kecamatan Lembang, Runggang Samuel, S.AP.  Pihaknya juga memberikan dukungan yang sama untuk kesuksesan kegiatan KKN Unhas di wilayahnya.
 
“Saya menyampaikan pesan dari Pak Camat, jika ada yang perlu dibantu, agar adik-adik tidak sungkan-sungkan untuk mengutarakannya. Kami senantiasa terbuka untuk memberikan dukungan,” kata Samuel. 
 
Mahasiswa KKN Unhas di lokasi Pinrang 2 menggelar berbagai kegiatan sesuai domisili masing-masing, yang tersebar di 11 desa dan kelurahan, yaitu: Desa Binanga Karaeng, Desa Benteng Paremba, Desa Sabbang Paru, Kelurahan Tadokkong, Kelurahan Betteng, Desa Alitta, Desa Padaelo, Desa Waetuoe, Desa Marannu, Desa Padakkalawa, dan Desa Padaidi.
 
Selain memfokuskan pada sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru melalui poster dan media sosialisasi lainnya, mahasiswa di lokasi ini juga akan melakukan beberapa kegiatan lain, seperti pembuatan tempat cuci tangan memakai Sitem Pedal Injak, melakukan penyemprotan disinfektan di pasar tradisional dan masjid terdekat menjelang pelaksanaan lebaran Idul Adha.
 
Dosen Pendamping Kegiatan KKN Unhas untuk lokasi Pinrang 2, Surya Hariyanto, ST., MT, berharap peserta KKN di lokasi ini tetap memperhatikan protokol kesehatan.  Mahasiswa diharapkan tidak saja melakukan kegiatan, namun juga menjadi contoh bagi masyarakat sekitar.
 
“Kami juga berharap dukungan dan bimbingan terus-menerus dari aparat pemerintah setempat, sehingga adik-adik yang melaksanakan KKN di daerah ini dapat melaksanakan kegiatannya dengan baik, dan selalu mematuhi protokol kesehatan,” kata Surya Haryanto yang merupakan Dosen Teknik Sistem Perkapan Fakultas Teknik Unhas ini.(*/ir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :