KKN Unhas di lokasi Banten-Jakarta-Jawa Programkan Seminar Nasional Online

21 Jul 2020 , admin-02 Akademik

Tangkapan layar seminar program kerja mahasiswa Unhas Angkatan 104 di Banten, Jakarta, dan Jawa.

Sebanyak 24 mahasiswa Universitas Hasanuddin mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang 104 di Banten, Jakarta, dan Pulau Jawa.  KKN kali ini yang mengangkat tema “Bersatu Melawan Covid-19” dirancang berbeda, dimana mahasiswa peserta KKN ditempatkan berdasarkan domisili atau tempat tinggal tetapnya.
 
Lokasi KKN Unhas di Banten, Jakarta, dan Jawa terdiri atas 24 desa dan kelurahan, terdiri atas masing-masing Provinsi Banten (3 desa/kelurahan), DKI Jakarta (5 kelurahan), Jawa Tengah (1 desa), Jawa Barat (10 desa/kelurahan), dan Jawa Timur (5 desa/kelurahan).
 
Seluruh peserta KKN Unhas ini telah melaksanakan Seminar Program Kerja pada Jum’at (17/7) lalu. Seminar yang berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom meeting juga diikuti oleh dosen pembimbing, Drg. Fuad Husain Akbar, M.Kes, Ph.D dari Fakultas Kedokteran Gigi, dan Dr. Sulfahri, S.Si., M.Si. dari Fakultas MIPA.
 
Koordinator lokasi, Jamaluddin, menjelaskan bahwa program kerja yang akan mereka lakukan bersifat umum, seperti seminar online, pembuatan poster edukasi, dan pengadaan wastafel untuk cuci tangan.
 
“Kami menyesuaikan dengan situasi pandemi yang sedang terjadi. Apalagi beberapa daerah di Banten, Jakarta,dan Jawa masih berada dalam zona merah.  Sehingga program kerja yang kami persiapkan fokus utamanya pada kegiatan online,” kata Jamaluddin.
 
Dosen pendamping, Dr. Sulfahri, S.Si, M.Si, menyambut baik rancangan program yang akan dilakukan oleh mahasiswa KKN di lokasi ini.  Menurutnya, mahasiswa sangat realistis merancang kegiatan yang disesuaikan dengan kondisi aktual yang mereka hadapi.
 
“Program kerja yang dirancang oleh mahasiswa di lokasi sudah bagus semua. Melihat kondisi mereka yang saling berjauhan seperti ini, maka mau tidak mau koordinasi harus berlangsung secara daring. Mudah-mudahan kegiatan yang kalian rencanakan akan berlangsung sebagaimana diharapkan,” kata Sulfahri.
 
Mahasiswa KKN Unhas Gelombang 104 tahun ini akan melaksanakan kegiatan selama kurang lebih satu bulan.  Proses pendampingan, persiapan, pemantauan, monitoring dan evaluasi berlangsung secara daring. Mahasiswa juga ditekankan untuk melakukan kegiatan secara daring.(*/ir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :