KKI Tinjau Kesiapan FKG Unhas Buka Spesialis Ortodonti

4 Jul 2019 , adminuniversitas Akademik

Dalam rangka mempersiapkan pembukaan Program Studi Spesialis Ortodonti, Fakultas Kedokteran Gigi Unhas menerima visitasi Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Kamis (04/07), delegasi KKI diterima oleh pimpinan Universitas Hasanuddin, yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Direktur Komunikasi, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unhas, drg. Muhammad Ruslin, M.Kes, Ph.D, Sp.BM(K), Anggota MWA Unhas Prof. Dr. drg. Bahruddin Thalib, M.Kes., Sp.Pros(K), Wakil Dekan bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber daya Dr. drg. Nurlinda Hamrun, M.Kes., wakil dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni, dan KPS Ortodonti Dr. drg. Eddy Heriyanto Habar, Sp.Ort(K), Ketua Departemen Ortodonti Dr. drg. Eka Erwansyah, Sp.Orto(K), serta beberapa dokter spesialis ortodonti staf Fakultas Kedokteran Gigi Unhas.

Ketua Departemen Ortodonti Fakultas Kedokteran Gigi Unhas, drg. Eka Erwansyah menjelaskan bahwa KKI nantinya akan mengeluarkan surat rekomendasi mengenai kelayakan pembukaan Prodi Spesialis Ortodonti.  Rekomendasi ini akan digunakan untuk mengajukan akreditasi minimum kepada Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PT Kes).

Delegasi KKI terdiri atas Prof. drg. Armasastra Bahar, Ph.D., dan drg. Yulianti Kemal, Sp.Perio(K) (keduanya dari Universitas Indonesia) serta drg. Grace Virginia Gumuru, Sp.KG., MM., (Universitas Padjadjaran).

Prof. Armasastra memberikan catatan terkait komitmen Rektor untuk membantu kesinambungan pemenuhan SDM dan support finansial kelangsungan Prodi Spesialis Ortodonti ini. Beliau menegaskan bahwa dukungan dan komitmen universitas memiliki nilai penting dalam setiap rencana pembukaan program studi spesialis baru.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik menyatakan bahwa Unhas memiliki komitmen penuh. Hal ini merupakan salah satu program kerja Rektor untuk menambah program studi yang potensial, terutama pada program pasca sarjana, mulai dari spesialis sampai doktor.

“FKG memiliki potensi untuk membentuk prodi Spesialis Ortodonti. Sehingga, tentu Unhas sangat antusias menyambut langkah ini.  Apalagi, prodi ini pada dasarnya telah dipersiapkan sejak lama,” kata Prof. Restu.

Sebelum berkunjung ke Rektorat Unhas, tim KKI telah terlebih dahulu berkunjung ke Fakultas Kedokteran Gigi dalam rangka Visitasi Pembukaan Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Ortodonti yang di terima langsung Dekan FKG Unhas drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K). Turut menghadiri kegiatan pembukaan visitasi tersebut, Ketua Senat Fakultas, Para Guru Besar lingkup FKG Unhas, para wakil dekan, Direktur dan Wakil direktur RSGM Unhas, Ketua dan Sekretaris GPM, Para Ketua Departemen, para KPS dan seluruh staf Departemen Orthodonti.

"Kegiatan ini bagian dari komitmen FKG Unhas mendukung program Pimpinan Universitas dalam pengembangan Program Studi yang memiliki potensi dan pemenuhan kebutuhan masyarakat, selain PPDGS Ortodonti saat ini kami lagi mempersiapkan PPDGS Kedokteran Gigi Anak dan PPDGS Penyakit Mulut serta Program Studi Strata dua yang saat ini menunggu pembahasan di senat akademik universitas," lanjut Dekan FKG Unhas.

Kegiatan visitasi ini juga meninjau sapras dan system pendidikan dan pelayanan di Dental Center RS Pendidikan Unhas dan RSGM Unhas sebagai wahana pendidikan PPDGS FKG Unhas, yang akan berlangsung hingga tanggal 5 Juli 2019.(*)

Baca juga :