Kembangkan Bakat Kepemimpinan, Unhas Gelar Student Leadership Forum

30 Nov 2020 , admin-02 Akademik

Universitas Hasanuddin melalui Bidang Kemahasiswaan menyelenggarakan Student Leadership Forum (SLF) untuk angkatan 2020 dengan tema "Merdeka Belajar, Bangun Potensi Diri dan Raih Prestasi". Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (28/11) hingga Minggu (29/11) secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Melalui wawancara, Senin (30/11) bersama Marhamah Nadir, SP. M.Si. Ph.D., selaku ketua panitia menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bagian dari implementasi untuk menjawab tantangan Perguruan Tinggi dalam menghasilkan lulusan sesuai perkembangan zaman, kemajuan ipteks, tuntutan dunia usaha dan industri, maupun dinamika masyarakat.

Dengan mengusung tema Merdeka Belajar yang sesuai dengan program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, diharapkan dapat mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan yang berguna memasuki dunia kerja.

Lebih lanjut, Marhamah menuturkan proses pembelajaran dalam Kampus Merdeka merupakan salah satu perwujudan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered learning) yang sangat esensial.

Pembelajaran dalam kampus merdeka memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan.

"SLF merupakan program yang dicanangkan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan sejak 2018 dengan memilih 10 mahasiswa baru per fakultas yang pernah menjadi Pengurus Organisasi di SMU/SMK, baik Ketua OSIS, Ketua Pramuka dan keorganisasian lainnya. Mereka telah mempunyai bakat kepemimpinan sehingga kedepannya output dari program adalah dapat melahirkan calon pemimpin lembaga mahasiswa di Unhas," jelas Marhamah.

Melalui SLF, mahasiswa baru angkatan 2020 diharapkan mengembangkan bakat kepemimpinan, menguasai manajemen diri dan membangun jejaring sejak dini untuk tumbuh dan berkembang menjadi calon-calon pemimpin bangsa di masa mendatang. Sehingga, mahasiswa Unhas dapat mempersiapkan diri memasuki kampus merdeka dengan soft skiil kepemimpinan dan kemampuan penunjang lainnya.

"Kita menghadirkan pemateri dari alumni Unhas yang telah berkaris diberbagai profesi, dipilih yang mantan aktifis ataupun pimpinan mahasasiswa dengan tujuan memotivasi mahasiswa yang telah mempunyai bakat kepemimpinan untuk mengembangkan diri dengan pilihan berbagai profesi dari profesional, aktifis NGO, penulis, peneliti, akademisi, dan jurnalis," sambung Marhamah.

Student Leadership Forum Angkatan 2020 batch I diikuti 170 peserta yang mewakili tiap fakultas di Unhas. Dengan adanya SLF, terjalin komunikasi dan kolaborasi mahasiswa sejak dini, sehingga hambatan komunikasi dalam pengembangan lembaga kemahasiswaan dapat terjalin dengan baik.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :