Kemahasiswaan Unhas Peringkat Tujuh Nasional Penerima Dana Insentif PKM

24 Jul 2020 , admin-02 Akademik

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas (Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Pendidikan Tinggi mengumumkan perguruan tinggi yang menerima insentif Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2020.  Hal ini tertuang dalam surat Direktur Pembelajaran Kemahasiswaan Nomor 1588/E2/TU/2020.

 
Pemberian insentif ini dimaksudkan sebagai upaya memandu mahasiswa menjadi pribadi yang taat aturan, kreatif, inovatif dan objektif serta kooperatif dalam membagun keragaman intelektual. PKM merupakan wadah memfasilitasi potensi mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya diperkuliahan kepada masyarakat luas.
 
Sebanyak 170 perguruan tinggi menerima insentif PKM tahun ini, yang mencapai jumlah hampir 1,5 milyar.  Universitas Hasanuddin berhasil meloloskan 9 proposal untuk dibiayai, dengan jumlah dana sebesar Rp. 35 juta.  Dengan demikian, Unhas berada pada peringkat 7 besar, baik dari jumlah proposal maupun dana insentif.
 
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. drg. A. Arsunan, M.Kes, menyambut gembira capaian ini.  Pengumuman yang disampaikan oleh Kemendikbud memastikan posisi Unhas pada kampus papan atas dalam hal program kreativitas mahasiswa.
 
“Alhamdulillah, kita sudah terima penyampaiaan Dikti terkait pengumuman proposal PKM, dan Unhas tetap menempatkan diri sebagai perguruan tinggi yang masuk 10 besar.  Hal ini telah berlangsung tiga tahun berturut-turut,” kata Prof. Arsunan.
 
Capaian ini merupakan wujud kinerja bidang kemahasiswaan yang selama ini dikembangkan oleh bidang kemahasiswaan Unhas.  Di sisi lain, capaian ini sekaligus mengandung tantangan untuk menunjukkan prestasi terbaik.
 
“Tantangan besar yang menunggu kita adalah bagaimana memaksimalkan potensi adik-adik yang proposalnya didanai untuk bisa unjuk gigi pada kontestasi Pekan Ilmiah Nasional tahun 2020 dengan mendapatkan medali. Mari kita do’akan bersama agar adik-adik dapat mencapai prestasi membanggakan,” kata Prof. Arsunan.
 
Judul-judul proposal mahasiswa Unhas yang menerima insentif pembiayaan Dikti adalah:
 
PENEBANGAN: Alternatif Solusi Menekan Laju Deforestasi pada Kawasan Hutan Lindung di Indonesia
Ardian Halis (NIM: M11115526)
 
1000 for Life : Aplikasi Berbasis Crowdfunding untuk Pemberdayaan Lansia.
Rispaini Afifah (NIM: H011171003)
 
Agen ceria (cegah nikah anak) : layanan hotline pengaduan untuk mencegah praktik pernikahan anak
Teguh Ardiansyah Sabir (NIM: E021171003)
 
Creating Alpha Generation with Intelligence and Anthropometry Improvement Through 'Antherim' Application
Nurul Huda (NIM: C041171506)
 
Go Warning: Cara Cepat Mengetahui Titik Aman Anda
Andi Nursuasri Aini (NIM: H061171015)
 
Pemanfaatan Aliran Lava Dalam Penguraian Sampah
Dede Muhaimin Aziz (NIM: H061181324)
 
Save Your Life from Silent Killer
Aulia Nur Aziza (NIM: C051171332)
 
Sexual and Reproductive Health Service: Increase Awareness and Knowledge through Digital Health Project
Marwah (NIM: C041171314)
 
Trans Long Distance Relationship Sebagai Solusi Dalam Peningkatan Quality Education Bertaraf Global
Ryan Angriawan (NIM: E061181003)
 
Berdasarkan pengumuman dari Dikti tersebut, penyaluran dana akan langsung di kirimkan melalui rekening Perguruan Tinggi. Mahasiswa yang proposalnya diterima dapat mengunduh langsung pada laman website https://s.id/UnduhInsentifKTGFK2020 untuk selanjutnya ditandatangani dan dikirim ulang kepada pihak penyelenggara paling lambat 31 Juli 2020 pukul 16.00 Wita.(*/mir/ir)
 
Editor  : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :