International Culture Program Batch II Unhas Diikuti Peserta dari 18 Negara

9 Nov 2020 , admin-02 Akademik

Penyelenggaraan International Culture Program (ICP) Batch II resmi dibuka oleh Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA), Senin (09/11).

Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan International Culture Program (ICP) Batch II dengan tema "Maritime Culture in Indonesia: Marine Resilience & Historical Perspective". Pembukaan kegiatan mulai pukul 16.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin (09/11).
 
Kegiatan resmi dibuka oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Dalam sambutannya, beliau menyapa para peserta dan berharap kegiatan ini dapat menjadi wadah belajar kebudayaan dan berbagai hal lainnya mengenal Indonesia, utamanya Pulau Sulawesi.
 
Meskipun kegiatan berlangsung virtual, namun diharapkan makna dan tujuan kegiatan tetap tercapai. Salah satu tujuan tersebut adalah menambah wawasan dan pengetahuan para peserta yang berasal dari beberapa negara.
 
"Kalian bisa memperkenalkan program ini kepada teman-teman kalian, agar lebih banyak yang bergabung. Unhas akan merasa senang jika para peserta ICP suatu saat nanti melanjutkan pendidikannya di Unhas,"jelas Prof Dwia.
 
Prof Dwia juga memperkenalkan secara singkat mengenai budaya Makassar yang unik dengan berbagai produk lokal dan destinasi wisata.
 
Usai sambutan secara resmi, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan Kampus Unhas oleh Direktur Kemitraan Unhas, Dr. Mahatma, S.T., M.Sc., dalam pemaparannya, Mahatma menjelaskan berbagai capaian kinerja, sarana prasarana serta pengembangan akademik di Unhas.
 
"Unhas merupakan lembaga pendidikan tinggi terbesar di Indonesia Timur. Secara nasional, Unhas menduduki peringkat ketujuh, untuk Asia berada pada posisi 401 dengan jumlah 1.685 pengajar yang terdiri dari 700 dosen bergelar magister, 904 doktor, dan 271 professor dengan total 32 ribu mahasiswa," jelas Mahatma.
 
Setelah menjelaskan tentang Unhas, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Para peserta antusian bertanya tentang Unhas kepada fasilitator. 
 
Untuk penyelenggaraan ICP Batch II bulan November diikuti oleh 105 peserta yang berasal dari 18 negara, yaitu: Australia, Bangladesh, China, Gambia, India, Japan, Jordan, Madagascar, Malaysia, Mali, Nepal, Nigera, Pakistan, Philippines, Somalia, Suriname, Thailand dan Timor.
 
Penyelenggaraan ICP Batch II untuk hari pertama ditutup dengan pemutaran video yang memperkenalkan kota Makassar dan Unhas. Kegiatan berlangsung lancar hingga pukul 17.30 Wita.(*/mir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :