IKA FT Unhas Gelar Seminar Pembangunan Kota Berkelanjutan

11 Oct 2020 , admin-02 Akademik

Tangkapan layar para peserta yang mengikuti kegiatan seminar, Minggu (11/10).

Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat menyelenggarakan seminar internasional bertajuk "Seminar Enhancing Sustainable Urban Development". Topik yang diangkat adalah "Promoting Idea, Concept and New Technology for Building, Transports and Environment". Kegiatan berlangsung pukul 14.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Minggu (11/10).
 
Hadir sebagai narasumber Dr. Eng. Ari Tarigan, ST., M.Sc (Stavanger University, Norway), K. Sasaki (CEO of Challenge, Co.Ltd, Tokyo, Jepang), Dr. Ir. H. M. Baharuddin Hamzah, M.Eng (Proffesor Hasanuddin University, Indonesia), D. Spasojevic (MADA- Monash Art, Design and Architecture, Melbourne, Australia), William Syahbandar (Director of PT Mass Rapid Transit MRT Jakarta).
 
Nara sumber lainnya adalah Dr. Dini Rosmalia, ST., M.Si (Pancasila University, Indonesia), Ir. Bachder Djohan Buddin, MT (President Director of Sucofindo), Fahmyddin A Tauhid, ST., MArch., DipIDL., Ph.D (UIN Alauddin University, Indonesia), Prasetyo Adi, IAI (Director of PDW Archictects, Green Building Council Indonesia), Dr. Techn. Andi Abidah, ST., M.Sc (State University of Makassar) dan David Palung, ST., M.Si ( Commissioner Krakatau Sulsel).
 
Mengawali kegiatan, Marwan Massinal, ST., M.Sc., IAI., selaku Ketua IKA FT Unhas wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat., menyampaikan terima kasih untuk seluruh peserta dan pembicara yang bergabung dalam kegiatan seminar. Menurutnya, kegiatan ini akan menjadi sarana berbagi ilmu dan ruang diskusi pembangunan kota berkelanjutan.
 
Pada kesempatan yang sama, Ketua IKA FT Unhas Ir. Haedar A. Karim., menyampaikan apresiasi kepada para alumni FT Unhas yang aktif menghadirkan ruang belajar, diskusi dan pengembangan ilmu bagi mahasiswa maupun alumni.
 
"Topik yang dibahas sangat strategis dan menarik. Alumni FT Unhas selalu mengupayakan agar kegiatan seperti ini menjadi medium menambah wawasan dan pengetahuan para alumni.  Karena seyogyanya salah satu keberhasilan Universitas ditentukan oleh peran dari para alumni," jelas Haedar.
 
Mewakili pihak Fakultas, Ketua Departemen Arsitektur Unhas, Dr. H. Edward Syarif, ST., MT., juga memberikan apresiasi atas peran aktif alumni dalam menghadirkan kegiatan positif untuk peningkatan ilmu pengetahuan. Hal ini untuk menjawab tantangan dan permasalahan bangsa. Kegiatan ini diharapkan semakin mempererat hubungan alumni FT Unhas sekaligus meningkatkan kolaborasi riset.
 
Kegiatan resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unhas, Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Sp.MK, Ph.D. Dalam sambutannya beliau juga mendukung ide dan gagasan para alumni Arsitektur Unhas dalam menyediakan forum diskusi. Hal ini sejalan dengan upaya Unhas yang terus meningkatkan kemampuan secara nasional dan internasional dan hal tersebut membutuhkan peran serta alumni.
 
"Unhas terus berusaha meningkatkan levelnya, secara nasional kita berapa di posisi ketujuh, tapi di Asia kita masih masuk di 400 sementara di dunia sampai saat ini terus diupayakan untuk masuk dalam 1000 besar. Banyak hal yang menjadi indikator penilaian seperti academic reputation, faculty student rasio, dan beberapa indikator lain yang membutuhkan keterlibatan semua unsur termasuk alumni," jelas Prof Nasrum.
 
Usai pembukaan secara resmi, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para narasumber yang hadir. Kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 100 peserta berlangsung lancar dan dijadwalkan akan berakhir pada pukul 18.00 Wita.(*/mir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :