IABEE Visitasi Empat Prodi Fakultas Teknik Unhas untuk Akreditasi

23 Nov 2020 , admin-02 Akademik

Kegiatan visitasi oleh Indonesia Acreditation Board for Engineering Education (IABEE) dihadiri Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, Senin (23/11).

Indonesia Acreditation Board for Engineering Education (IABEE) melakukan visitasi secara daring terhadap empat program studi Fakultas Teknik (FT) Universitas Hasanuddin.  Pembukaan visitasi berlangsung pada Senin (23/11), dan mulai pukul 08.00 WITA melalui aplikasi Zoom Meeting.
 
Kegiatan visitasi ini dihadiri oleh jajaran pimpinan pada setiap organ Universitas Hasanuddin, yaitu Rektor (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA), Ketua Senat Akademik (Prof. Dr. Eng. Dadang A. Suriamihardja, M.Eng), Sekretaris MWA (Dr. Indriyanti Sudirman, M.Si.), Wakil Rektor Bidang Akademik (Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP), Sekretaris Universitas (Prof. Dr. Ir. H. Nasaruddin Salam, MT), Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (Dr. Ir. Prastawa Budi, M.Sc), dan Dekan Fakultas Teknik Unhas (Prof. Dr. Ir Muhammad Arsyad, M.T) beserta jajarannya.
 
IABEE merupakan lembaga otonom yang dibentuk oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII) untuk mendorong budaya mutu pada tata kelola pendidikan tinggi keteknikan.  Lembaga ini telah memperoleh pengakuan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk melaksanakan akreditasi bagi program studi yang melaksanakan pendidikan keteknikan (engineering).
 
Sebanyak 15 orang asesor dari IABEE turut hadir, terdiri atas head of delegation, team chair, evaluator, dan observer.
 
Dekan FT Unhas menyampaikan bahwa pada visitasi ini akan meninjau kelayakan empat program studi jenjang sarjana,  yaitu Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Lingkungan, dan Teknik Kelautan.
 
Dalam sambutannya, Rektor Unhas menyampaikan apresiasi kepada IABEE yang telah memberikan waktu kepada Unhas untuk pelaksanaan visitasi ini.  Beliau menjelaskan bahwa Unhas selalu mengedepankan peningkatan kualitas secara berkesinambungan, yang menjadi landasan proses pembelajaran, serta menjadi penyemangat Unhas dalam mengembangkan diri sejak berdiri 64 tahun lalu.
 
"Fakultas Teknik merupakan salah satu fakultas dengan peminat terbanyak, karena sumber daya manusia dan fasilitas yang dimiliki sangat lengkap.  Program studi yang ada di Fakultas Teknik diharapkan menjadi prodi yang menghasilkan luaran berkualitas," kata Prof. Dwia
 
Secara keseluruhan, 68% dari seluruh program studi di Unhas telah terakreditasi A, yang meliputi jenjang Sarjana, Profesi, Magister, Spesialis hingga Doktor.  Khusus S1 sebanyak 89% dari program studi telah terakreditasi A. 
 
Sementara untuk akreditasi internasional terdapat 48% prodi S1 yang telah mendapatkan pengakuan internasional dari berbagai lembaga akreditasi. Oleh karena itu akreditasi IABEE merupakan hal yang sejalan dengan target strategis Unhas, terlebih lagi untuk meningkatkan kepercayaan mitra kepada Unhas.
 
Prof. Dwia menyampaikan bahwa Unhas akan terus berkontribusi sesuai dengan komitmen yang dibangun sebagai Kampus Humaniversity. Luaran yang dihasilkan diharapkan memiliki kualitas terbaik dan selalu mengedepankan aspek kemanusiaan serta terlibat dalam memecahkan masalah yang ada di sekitarnya maupun masalah bangsa.
 
Pada akhir sambutannya, Rektor Unhas juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang sudah bekerja keras, mulai dari jajaran Fakultas Teknik, LPMPP, Tim Taskforce, hingga setiap kelompok kerja prodi yang terlibat.
 
Visitasi IABEE ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai Senin (23/11) hingga Rabu (25/11).(*/els)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :