Hasil Penyaringan Bakal Calon Rektor Unhas Periode 2018-2022

24 Jan 2018 , admin00 Seremonial

Calon Rektor Unhas Periode 2018 - 2022, Dr.Eng. Muhammad Ramli, MT, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, dan Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng, SH, MH.

Untuk pertama kalinya setelah bertransfromasi menjadi perguruan tinggi berbadan hukum (PTNBH), Universitas Hasanuddin memilih calon rektor baru periode 2018-2022. Pemilihan calon rektor ini berlangsung dalam Rapat Paripurna Senat Akademik di Gedung Baruga Andi Pettarani Unhas, Rabu (24/01) pada pukul 8.30 - 16.00 WITA.

Rapat Paripurna ini dibuka oleh ketua Senat Akademik, Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi, SU., dan dihadiri oleh 82 orang anggota Senat Akademik (dari total 86 Anggota Senat Akademik).  Sebanyak 4 orang anggota Senat Akademik tidak dapat hadir karena sedang tidak berada di Makassar.  Hadir juga puluhan sivitas akademika Unhas.

"Hari ini tahapan yang sangat penting, penyaringan calon rektor. Hasil penyaringan ini nanti akan diserahkan ke forum wali amanah untuk dipilih dan ditetapkan sebagai rektor. Mudah-mudahan proses ini menghasilkan calon rektor yang betul-betul legitimit," ujar Profesor Kasnawi saat memberikan sambutan pembukaan acara.

 

Persentasi visi, misi, dan program kerja ini dimoderatori oleh Prof. Dr. dr. Nurpudji Astuti, MPH., SpGK(K) dimana setiap kandidat diberikan waktu 15 menit untuk menjelaskan kertas kerjanya. Usai presentasi, para panelis yaitu Prof. Dr. Ir Djoko Santoso, mantan rektor ITB M.Sc., Prof. Dr. Ir Rady A Gani, M.Sc., mantan rektor Unhas, serta Prof. Dr. Dadang A.S., M.Eng., mantan Wakil Rektor Bidang Akademik,  memberikan komentar atas terhadap lima calon rektor tersebut.

 

Proses pendalaman visi, misi, dan program kerja ini berlangsung dari pukul 09.00-12.00 WITA. Setelah tahapan persentasi ini, para anggota Senat Akademik memilih satu calon sesuai preferensinya masing-masing dengan prinsip one men one vote. "Proses pemilihan ini bersifat langsung, bebas, adil, dan semoga ini berjalan aman, tertib, dan mengedepankan asas demokrasi," ucap Prof. Nurpudji saat memberikan arahan dan tata tertib pemilihan calon rektor.

 

Adapun hasil pemilihan adalah sebagai berikut:

 

(1) Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng, SH, MH, memperoleh 1 suara;

(2) Dr. Muhammad Ikram Idrus, SE, MS., memperoleh 0 suara;

(3) Prof. Dr. Muhammad Yunus Zain, SE, MA, memperoleh 1 suara;

(4) Dr. Eng. Ir. Muhammad Ramli, MT, memperoleh 1 suara;

(5) Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, memperoleh 79 suara;

 

Seluruh 82 anggota Senat Akademik menggunakan hak pilihnya, dimana tidak ada suara yang abstain maupun batal.

 

Sesuai ketentuan, Senat Akademik harus mengirimkan 3 orang Calon Rektor kepada Majelis Wali Amanat.  Karena terdapat 3 orang bakal Calon Rektor yang menempati peringkat ke-2 dengan masing-masing 1 suara, maka diadakan pemungutan suara tambahan, khusus untuk menentukan calon rektor kedua dan ketiga yang akan dikirimkan ke Majelis Wali Amanat.  Pada pemilihan tambahan ini, tinggal 76 anggota Senat Akademik yang menggunakan hak pilihnya.

 

Adapun hasil pemilihan tambahan ini adalah:

 

(1) Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng, SH, MH, memperoleh 23 suara;

(3) Prof. Dr. Muhammad Yunus Zain, SE, MA, memperoleh 16 suara;

(4) Dr. Eng. Ir. Muhammad Ramli, MT, memperoleh 37 suara;

 

Dengan demikian, maka penyaringan bakal calon Rektor Unhas oleh Senat Akademik menghasilkan 3 orang Calon Rektor Unhas Periode 2018 – 2022, yang selanjutnya dikirim kepada Majelis Wali Amanat, yaitu:

 

(1) Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, (79 suara);

(2) Dr. Eng. Ir. Muhammad Ramli, MT, (1 suara);

(3) Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng, SH, MH, (1 suara);

 

Calon Rektor ini selanjutnya akan diproses oleh Majelis Wali Amanat Unhas melalui Rapat Paripurna untuk memilih dan menetapkan Rektor Unhas Periode 2018 – 2022.  Agenda Rapat Paripurna ini akan ditetapkan kemudian, berhubung perlunya rapat ini dihadiri oleh seluruh anggota Majelis Wali Amanat yang berjumlah 18 orang. 

 

Rektor Unhas Periode 2018 – 2022 sudah harus dilantik paling lambat tanggal 28 April 2018.(*)

 


Baca juga :