Hari Pertama UTBK, Rektor Unhas Pantau Langsung Beberapa Lokasi

13 Apr 2019 , admin00 Akademik

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2019 resmi dimulai hari ini, Sabtu, 13/4/2019.  Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA dan jajaran pimpinan Unhas melaksanakan pemantauan langsung di beberapa lokasi yang dikelola oleh Pusat UTBK Unhas.
 
Turut serta dalam rombongan Rektor antara lain Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP, yang juga merupakan Ketua Pusat UTBK Unhas, Ketua Dewan Guru Besar Unhas, Prof. Dr. Ir. Mursalim, Ketua Senat Akademik, Prof. Dr. Ir. Dadang S.A, serta para dekan di lingkungan Unhas.
Rektor Unhas melaksanakan pemantauan pada empat titik, yaitu di Laboratorium Komputer Pusat Bahasa Unhas, Laboratorium Komputer Fakultas Kedokteran Unhas, serta dua lokasi mitra yaitu SMK Negeri 4 di Jalan Bandang, dan SMAN 17 di Jalan Sunu.
 
Usai melaksanakan pemantauan di lokasi mitra, Rektor Unhas dan jajaran pimpinan Unhas sempat melakukan tele-conference bersama Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof. Mohamad Nasir, Ph.D, Ak, langsung dari Kantor Kemristekdikti Jakarta.
 
“Saya mengucapkan selamat kepada Ibu Rektor, semoga pelaksanaan UTBK di Pusat UTBK Unhas hari ini dan selanjutnya berjalan lancar,” pesan Menteri Nasir.
 
Rektor Unhas mengatakan bahwa pelaksanaan UTBK kali ini merupakan hal yang sama sekali baru.  Pada tahun-tahun sebelumnya, lulusan SMA yang ingin masuk kuliah langsung mengikuti ujian SBMPTN pada satu hari serentak seluruh Indonesia, dengan mayoritas ujian tulis berbasis kertas.
 
“Namun tahun ini, masuk SBMPTN tidak lagi ada test. Tetapi, setiap lulusan SMA yang mau daftar SBMPTN wajib mempunyai skor UTBK.  Pelaksanaan UTBK juga dilaksanakan selama 22 sesi, yaitu mulai tanggal 13 April hari ini hingga tanggal 26 Mei 2019 nanti. Ujian dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu,” kata Prof. Dwia.
 
Perbedaan lainnya, UTBK ini sebenarnya merupakan test yang diselenggarakan oleh Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Kampus-kampus negeri yang memenuhi persyaratan, termasuk Unhas, adalah pelaksana saja.
 
“Itulah sebabnya, seluruh standarisasi, soal-soal, pendaftaran, dan lain-lain itu ditetapkan oleh LTMPT. Dari pihak Unhas sendiri, memang ada persiapan lebih ekstra untuk UTBK ini. Karena sekarang berbasis komputer, jadi kami harus mempersiapkan komputernya, juga mengantisipasi hal-hal teknis seperti jaringan, kesiapan listrik, dan sebagainya,” papar Prof. Dwia.
Pelaksanaan UTBK hari pertama sendiri secara umum berjalan lancar.  Sesuai pemantauan tim monitoring universitas, proses ujian di seluruh lokasi yang mencakup 2.075 komputer pada 21 lokasi tidak ada kendala berarti. Para petugas admin server telah hadir di setiap lokasi sejak pukul 06.00 pagi. Begitu juga para petugas admin IT ruangan dan pengawas ruangan sebagian besar hadir tepat waktu.
 
Beberapa pengawas yang terlambat hadir di lokasi, segera digantikan oleh pengawas siaga yang telah disiapkan oleh Panitia.
 
Panitia Pusat UTBK Unhas juga menyiapkan tim medis di posko induk yang dilengkapi dengan satu unit mobil ambulans. Tim Medis ini akan bertugas setiap pelaksanaan UTBK.
 
Sementara itu, sesuai ketentuan LTMPT, toleransi keterlambatan peserta adalah 30 menit. Setelah 30 menit, peserta tidak diperkenankan masuk ke ruang ujian.  Pada hari pertama ini, masih ada peserta yang terlambat lebih 30 menit. Dengan sangat menyesal, mereka tidak dapat lagi masuk ke ruangan.(*)
 
(Editor: Ishaq Rahman)

Baca juga :