GUMSB Virtual Mendorong Mahasiswa Unhas Baca Qur’an Secara Baik

27 Oct 2020 , admin-02 Akademik

Dekan Sekolah Pascasarjana Unhas (Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, Ph.D) saat memberikan sambutan dalam kegiatan GUMSB, Selasa (27/10).

Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Gerakan Unhas Mengaji dan Sholat Berjamaah (GUMSB). Agenda rutin setiap pekan ini berlangsung pukul 16.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (27/10).

Dalam penyelenggaraannya, penanggung jawab memberikan kesempatan kepada setiap fakultas di Unhas untuk menjadi panitia kegiatan setiap pekan. Sehingga, pada setiap kegiatan, penyelenggara kegiatan berganti setiap pekan. Untuk pekan ini, Sekolah Pascasarjana Unhas mendapatkan amanah sebagai panitia.

Mengawali kegiatan, Dekan Sekolah Pascasarjana Unhas Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, Ph.D., menyampaikan terima kasih kepada peserta yang hadir secara virtual. Menurutnya, kegiatan ini sangat inovatif untuk memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan tentang Islam secara mendalam kepada mahasiswa. Sehingga, mahasiswa Unhas menjadi insan yang lebih baik.

"Banyaknya kegiatan seperti ini akan mendorong sivitas akademika Unhas untuk mencintai Al-Qur’an dengan rajin membaca dan mentadaburri Al-Qur’an sebagai kalam Allah," jelas Prof. Jamaluddin.

Kegiatan resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi, Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D. Dalam sambutannya, beliau sangat berbahagia karena kegiatan tetap berlanjut meskipun pandemi Covid-19. Kegiatan ini bisa mendorong sivitas akademika untuk mempersiapkan diri kedepan dengan ilmu agama sebagai bekal akhirat.

"Saat ini Unhas sedang sibuk mempersiapkan berbagai hal dalam mencapai target kinerja Unhas salah satunya WCU. Hadirnya gerakan ini akan kembali mengingatkan kita tentang kewajiban sebagai umat Islam," jelas Prof Nasrum.

Diakhir sambutannya, Prof Nasrum berharap kegiatan ini kedepannya akan lebih dikemas secara inovatif dengan menghubungkan kalam Allah dengan perkembangan keilmuan saat ini. Sehingga, semakin menambah semangat peserta untuk mengikuti kegiatan karena mengetahui kebesaran Allah dalam penciptaan dunia.

Usai pembukaan secara resmi, kegiatan dilanjutkan dengan mengaji bersama Surah Ar-Rum. Bacaan Al-Qur’an para peserta diperbaiki langsung oleh Ust. Sulaiman Gosalam. Setelahnya kemudian mendengarkan tausiah singkat dari Prof. Dr. Ir. Mir Alam Beddu, M.Si., yang membahas tentang lingkungan dalam tinjauan Al-Qur’an dan sains.

Kegiatan yang dipandu oleh Drs. Sulaiman Gosalam, M.Si., (Penanggung jawab GUMSB) selaku moderator dan diikuti kurang lebih 700 peserta berlangsung lancar hingga pukul 17.45 Wita.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :