Fisip Unhas Bagikan Ratusan Paket Bahan Pokok Dalam Bina Desa Tematik Covid-19

12 May 2020 , admin-02 Akademik

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas (Prof. Dr. drg. A. Arsunan., M. Kes.,) secara simbolis menyerahkan bantuan paket bahan pokok bagi mahasiswa Fisip Unhas, Selasa (12/05).

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Program Bina Desa Tematik Covid-19. Bisa desa merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh bidang kemahasiswaan.  Berhubung pademi Covid-19, program Bina Desa tahun ini difokuskan pada upaya merespon dampak yang ditimbulkan pandemi.  Kegiatan ini berlangsung pada Selasa (12/05).

Turut hadir dalam kegiatan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. Dr. drg. A. Arsunan., M. Kes., Dekan Fisip Unhas, Prof. Dr. Armin Arsyad., beserta jajarannya.

Prof. Arsunan mengapresiasi kegiatan Bina Desa Fisip Unhasini yang menunjukkan kepedulian terhadap kondisi sosial kemasyarakatan. Dengan keterlibatan aktif seluruh fakultas di Unhas, diharapkan Peran Unhas sebagai kampus Humaniversity semaksimal maksimal.

"Ini gerakan kita bersama untuk menguatkan Unhas sebagai Humaniversity, kampus berbasis kemanusian. Kegiatan kemanusiaan ini kedepan kita harapkan terus berlanjut, sehingga keterlibatan Unhas di tengah masyarakat semakin terasa," jelas Prof Arsunan.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fisip Unhas Prof. Dr. Armin Arsyad., menjelaskan bahwa kegiatan Fisip Peduli Covid-19 merupakan bentuk dari solidaritas dan kepedulian bersama untuk berperan aktif membantu masyarakat terdampak wabah.

"Fisip Unhas mengupayakan secara maksimal untuk mengaktifkan rasa kemanusiaan dan inisiatif seluruh unsur yang ada. Kami memilih bulan suci ramadhan, sebab disamping kebutuhan bahan pokok meningkat, juga dari sisi pahala lebih tinggi. Sehingga, mengapa kami baru melakukannya sekarang, sementara fakultas lain terlebih dahulu telah melakukannya," jelas Prof Armin.

Ketua Tim Satgas Covid-19 Fisip Unhas, Dr. Hasrullah, MA., melaporkan kegiatan penyaluran telah dipersiapkan sejak tanggal 24 April melalui rapat panitia. Tim Satgas Covid-19 FISIP Unhas kemudian membuka penggalangan dana.  Saat ini telah berhasil terkumpul sebanyak Rp. 77.500.000.- yang berasal dari sivitas akademika, alumni, dan mitra.

“Kami sangat apresiasi bagi para alumni dan donatur lain yang ikut terlibat bersama mengumpulkan dana untuk memenuhi kebutuhan pokok mahasiswa kita sekaligus masyarakat yang membutuhkan," jelas Hasrullah.

Dalam program ini, Tim Satgas Covid-19 FISIP Unhas menyalurkan 450 paket bahan pokok. Paket bahan pokok tersebut kemudian di saluran secara bertahap, untuk tahap pertama, paket bantuan disalurkan pada mahasiswa Fisip Unhas, kemudian akan menyusul penyaluran bahan pokok kepada sejumlah panti asuhan dan petugas keamanan kampus. 

“Kami berusaha memaksimalkan penyaluran paket bantuan kepada pihak yang benar-benar membutuhkan. Selain bahan pokok, kita akan menyalurkan 30 APD ke Satgas Covid-19 Unhas untuk selanjutnya disalurkan kepada para medis,” tutup Hasrullah.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :