FH Unhas dan Fakulti Perundang-Undangan UKM Siap Implementasikan Kerja Sama

30 Dec 2019 , admin-02 Akademik

Dekan FH Unhas (Prof. Dr. Farida Patittingi, SH, MH) dan Dekan Fakulti Perundang-Undangan UKM (Prof. Dr. Nazurah Abdul Manaf, LLM) saling berjabat tangan usai penandatangana MoU, Senin (30/12).

Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Hukum dan Fakulti Perundang-undangan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA), Senin (30/12), di Kampus Fakulti Perundang-undangan, UKM, Kuala Lumpur.
 
Penandatanganan MoA dilakukan oleh Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof. Dr. Farida Patittingi, SH, MH dan Dekan Fakulti Perundang-Undangan UKM, Prof. Dr. Nazurah Abdul Manaf, LLM.  Penandatanganan ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) yang sebelumnya telah ditandatangani pada bulan Agustus 2019 lalu.
 
MoA ini merupakan wujud kesepakatan bersama kedua pihak dalam melaksanakan beberapa program pengembangan sebagai bagian dari upaya peningkatan reputasi internasional menuju World Class University.
 
Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof. Dr. Farida Patittingi, SH, MH mengatakan bahwa beberapa program yang akan segera diimplementasikan melalui MoA ini adalah pertukaran tenaga pengajar (Outbound dan Inbound Professor), kolaborasi riset, pertukaran mahasiswa, kolaborasi penulisan artikel pada jurnal bereputasi internasional, dan pelaksanaan konferensi internasional.
 
“Semua program tersebut akan kita implementasikan pada tahun 2020 yang tinggal beberapa hari lagi.  Kami memilih UKM karena kampus ini memiliki keunggulan dalam bidang hukum yang dapat kita sinergikan dengan keunggulan yang ada di Fakultas Hukum Unhas,” kata Farida.
 
Prof. Farida menambahkan bahwa kerja sama internasional merupakan bagian dari amanah Rektor Unhas yang mendorong reputasi internasional untuk mencapai World Class University.  “Selain dengan UKM, kami juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa kampus lain di berbagai belahan dunia,” kata Farida.
 
Turut hadir dalam acara penandatanganan ini adalah Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Infrastruktur (Dr. Syamsuddin Muchtar, S.H., M.H), Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemiteraan (Dr. Muh. Hasrul, S.H., M.H) Ketua Program S1 Ilmu Hukum (Dr. Maskun, S.H., LL.M) serta dosen Fakultas Hukum Unhas Dr. Hasbir, S.H., M.H dan Andi Batari Anindhita, SH.,M.H. 
 
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan, Dr. Muh. Hasrul, SH, MH, mengatakan bahwa kerja sama ini tentunya akan memberi manfaat langsung kepada mahasiswa.  
 
“Dengan program pertukaran mahasiswa yang menjadi bagian dari kerja sama ini, mahasiswa Fakultas Hukum Unhas akan memiliki ruang untuk memiliki pengalaman internasional atau international exposure, yang tentu akan bermanfaat bagi karir mereka nantinya,” kata dosen yang akrab disapa Dr. Lulu ini.(*)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :