FEB Unhas Gelar Webinar Nasional Peranan OJK

9 Oct 2020 , admin-02 Akademik

Universitas Hasanuddin melalui Program Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) menyelenggarakan Webinar Nasional tentang Peranan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam upaya pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi Covid-19. Kegiatan yang menjadi salah satu rangkaian Dies Natalis ke-72 FEB dan 25 Tahun Program Doktor Ilmu Ekonomi Unhas dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (09/10). 
 
 
Kegiatan resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas, Prof. Dr. Abd. Rahman Kadir. Dalam sambutan pembukaannya beliau menyambut baik kegiatan dan berharap webinar ini dapat memberikan ide dan gagasan untuk pemulihan ekonomi nasional di era kenormalan baru.
 
"Kegiatan ini kita harapkan berfokus pada beberapa prioritas termasuk sinergi kebijakan baik secara nasional maupun skala daerah masing-masing dalam upaya pemulihan ekonomi, khusunya peran yang menjadi tanggungjawab oleh OJK berdasarkan Perpu 01 tahun 2020," jelas Prof Kadir.
 
 
Usai pembukaan secara resmi, kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan pemaparan materi dari para narasumber.
 
Materi pertama disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Dr. Amir Uskara, M.Kes., yang menyoroti berbagai stimulus dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).  Sebagaimana diketahui, ada beberapa stimulus telah diluncurkan, seperti bantuan produktif usaha mikro, subsidi bunga, maupun penjaminan kredit yang telah diluncurkan oleh Pemerintah untuk menopang kelangsungan UMKM.
 
Narasumber lain yakni Dr. Anas Iswanto Anwar, SE., MA., sebagai Dosen FEB Unhas menyampaikan materi mengenai Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bertugas mengatur dan mengawasi kegiatan industri jasa keuangan secara terpadu.
 
"Kordinasi dengan BI harus terus dilakukan untuk menjaga stabilitas sistem keuangan. Selain itu, untuk memperluas literasi dan penetrasi layanan dan produk jasa keuangan, edukasi terhadap masyarakat juga harus terus dilakukan," jelas Anas lanjut Anas. 
 
Webinar Nasional ini dimoderatori oleh Dr. Mursalim Nohong. 
 
Kegiatan ditutup dengan sambutan dari Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 6 Sulampua, Moh. Nurdin Subandi yang menyampaikan kondisi dunia perbankan dan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) di Sulawesi Selatan setelah OJK melaksanakan program-program pemulihan ekonomi nasional.
 
Selain webinar nasional, beberapa kegiatan lain juga diagendakan dalam rangka seperempat abad Program Doktor Ilmu Ekonomi Unhas antara lain bakti sosial, kuliah umum oleh Pj. Bupati Luwu Timur serta peluncuran Buku (Book Chapter) dalam rangka 25 Tahun Program Doktor Ekonomi Unhas.(*/mir/anas)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :