Fakultas Peternakan Unhas Gelar Sertifikasi Uji Kompetensi untuk Mahasiswa

13 Oct 2020 , admin-02 Akademik

Uji Sertifikasi Kompetensi diikuti oleh 68 mahasiswa tingkat akhir dan 22 dosen dengan skema fasilitator penyuluh pertanian dan skema formulator pakan.

Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin kerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Peternakan Indonesia (LSP-PI) dan Politeknik Pertanian Pangkep serta didukung oleh Direktorat Alumni dan Penyiapan Karir Unhas (DAPK) menyelenggarakan Program Sertifikasi Uji Kompetensi. Kegiatan berlangsung di Fakultas Peternakan Unhas pada Jumat (9/10).

Pada kesempatan wawancara Selasa (13/10), Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fapet Unhas, Prof. Dr. Ir. Jasmal A Syamsu, M.Si., IPU., ASEAN., Eng., menjelaskan kegiatan diikuti oleh 68 mahasiswa tingkat akhir dan 22 dosen dengan skema fasilitator penyuluh pertanian dan skema formulator pakan.

"Sebelumnya sertifikasi uji kompetensi didahului dengan sosialisasi Program Sertifikasi oleh Bapak Ahmad Daud, ST. M.Si sebagai Lead Asesor LSP - PI pada 7 Oktober secara virtual melalui zoom meeting. Setelahnya, kemudian dilaksanakan sertifikasi uji kompetensi pada hari Jumat dengan protokol kesehatan," jelas Prof Jasmal.

Lebih lanjut, Jasmal menuturkan dalam pelaksanaannya para peserta dibagi dalam 10 ruang kelas. Dimana untuk ujian tulis dan uji obervasi dilakukan di pabrik pakan laboratorium Teknologi dan Industri Pakan. Untuk skema fasilitator penyuluh pertanian terdapat lima unit kompetensi yang diujikan. Sementara itu, skema formulator pakan terdapat sepuluh unit kompetensi yang diujikan.

Pada kesempatan terpisah, Dekan Fakultas Peternakan Unhas, Prof. Dr. Ir. Lellah Rahim, M.Sc., IPU., menuturkan bahwa Fakultas Peternakan Unhas terus melakukan upaya peningkatan kualitas pembelajaran dengan menjamin kualitas dan kompetensi peserta didik dalam hal ini kompetensi mahasiswa dalam pencapaian lulusan sesuai dengan profil lulusan yang unggul.

"Kegiatan sertifikasi uji kompetensi ini merupakan langkah nyata dalam menyiapkan alumni yang memiliki kompetensi kerja sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)," jelas Prof Lellah.

Diakhir acara dilaksanakan Verifkasi Tempat Uji Kompetensi (TUK) Fakultas Peternakan UNHAS yang diusulkan menjadi TUK bagi LSP PI sebagai LSP yang berlisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Kedepannya TUK Fakultas Peternakan bisa menjadi tempat uji kompetensi bidang peternakan seperti skema pengawas mutu pakan, fasilitator pakan, inseminator buatan, pengawas bibit ternak, butcher, dan juru penyembelih halal, dan skema lainnya.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :