Fakultas Keperawatan Unhas Gelar Webinar Kader Lansia dan Covid-19

22 Oct 2020 , admin-02 Akademik

Tangkapan layar para peserta yang mengikuti kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh Fakultas Keperawatan Unhas.

Bagian Ilmu Keperawatan Gerontik Fakultas Keperawatan (FKep) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan program pengabdian dalam bentuk webinar dengan tema "Peningkatan Pemahaman Kader Kesehatan Lansia Dalam Kewaspadaan Covid-19".  Kegiatan yang menjadi salah satu rangkaian dies natalis ke-3 FKep Unhas berlangsung mulai pukul 14.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (20/10).

Hadir sebagai narasumber yakni Andi Masyitha Irwan, S.Kep., Ns., MAN., Ph.D yang menjelaskan tentang "Hal-hal Penting Yang Perlu Diketahui Kader Kesehatan Lansia Tentang Covid-19 dan Pencegahannya".

Narasumber lainnya adalah Silvia Malasari, S.Kep., Ns., MN., yang menjelaskan mengenai "Peran Kader Kesehatan Lansia Dalam Penerapan Integrated Care for Older People (ICOPE)".

Pada kesempatan wawancara Kamis (22/10), Silvia Malasari, S.Kep., Ns., MN., selaku Dosen Bagian Ilmu Keperawatan Komunitas Keluarga dan Gerontik FKep Unhas menjelaskan webinar ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang difokuskan bagi kader kesehatan lansia di puskesmas Rappokalling, Kota Makassar.

Puskesmas Rappokalling telah lama bekerjasama dengan Fakultas Keperawatan Unhas untuk berbagai kegiatan, termasuk membina Posyandu dan melatih para kader kesehatan lansia. Sejak pandemi Covid-19, kegiatan ini ditiadakan.  Hal ini menyebabkan kegiatan kader dalam memantau kondisi kesehatan lansia menjadi tidak optimal.

"Banyak pula masyarakat khususnya lansia yang masih belum berani untuk menemui petugas kesehatan di Puskesmas akibat kasus Covid-19. Oleh karena itu, kader kesehatan dapat menjadi perpanjangan tangan dari petugas kesehatan di Puskesmas dalam rangka kewaspadaan Covid-19, khususnya yang terjadi pada lansia, dengan membagikan informasi yang akurat serta memberikan contoh yang baik dalam pencegahan dan penanganan pandemi," jelas Silvia.

Melalui kegiatan pengabdian ini, Silvia berharap kader kesehatan lansia dapat menjadi lini penting dalam pemberdayaan masyarakat dengan menerapkan kewaspadaan Covid-19 yang benar.  

Selain itu, kader juga diharapkan mampu menerapkan Integrated Care for Older People (ICOPE) yang dikeluarkan oleh World Health Organisation (WHO), sehingga deteksi dini Covid-19 dan penyakit yang memberatkan menjadi lebih terpantau di masyarakat.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :