Fakultas Keperawatan Unhas Gelar Pengabdian Penguatan Kesehatan Jiwa

25 Oct 2020 , admin-02 Akademik

Tangkapan layar para peserta yang mengikuti kegiatan, Minggu (25/10).

Universitas Hasanuddin melalui Kelompok Keilmuan Keperawatan Jiwa, Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Keperawatan (FKep) menggelar pengabdian pada masyarakat.  Kegiatan yang berlangsung melalui aplikasi zoom meeting mengangkat tema: “Penguatan Kesehatan Jiwa Melalui Manajemen Stres Selama Perkuliahan Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi mahasiswa Unhas”.

Pengabdian masyarakat berlangsung pada Minggu (25/10), mulai pukul 08.00 Wita.  Acara diikuti oleh 265 peserta, yang terdiri atas dosen, alumni, dan mahasiswa dari berbagai fakultas di lingkup Unhas.  Kegiatan ini juga merupakan rangakaian Dies Natalis ke-3 FKep Unhas.

Dalam wawancara pada Jum’at (30/10), anggota Tim Pengabdian yang juga pemateri, Akbar Harisa, S.Kep, Ns., PMNC, MN, menjelaskan bahwa pengabdian ini dipilih untuk merespon situasi pandemi Covid-19 yang telah berdampak luas.  Berbagai  kalangan, termasuk sivitas akademik, juga merasakan dampak ini.

“Proses pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 dapat menimbulkan berbagai respon fisik maupun psikologis seperti stress, ansietas maupun depresi. Sehingga dibutuhkan upaya atau strategi untuk dapat tetap mempertahankan kesehatan secara optimal,” kata Akbar.

Kegiatan pengabdian masyarakat dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Keperawatan Unhas, Dr. Ariyanti Saleh, SKp., M.Si.  Dalam sambutannya, beliau memberi apresiasi atas inisiatif melaksanakan kegiatan ini.

“Selama masa pandemi, masyarakat mengalami berbagai dampak kesehatan. Namun mungkin tidak banyak yang memperhatikan dampak terhadap kesehatan jiwa. Untuk itulah kegiatan hari sangat penting sebagai bentuk kontribusi kita untuk masyarakat,” kata Aryanti, yang juga merupakan dosen Keilmuan Keperawatan Jiwa.

Kegiatan pengabdian ini diisi dengan pemaparan oleh empat pemateri.  Selain Dr. Aryanti (Dekan FKep), juga tampil sebagai narasumber adalah: Hapsah, S.Kep, Ns, M.Kep (membahas tentang Mind Body Connection), Andriani, S.Kep, Ns, M.Kes (mengulas tentang Coaching in Your Life), dan Akbar Harisa, S.Kep, Ns., PMNC, MN (membawakan topik berjudul: “Siapakah Saya?”).

Di akhir acara, Akbar Harisa sebagai Ketua Panitia berharap setelah kegiatan ini para peserta dapat menggunakan pengetahuan untuk meningkatkan daya tahan fisik maupun jiwa selama perkuliahan daring.

“Kita berharap pandemi ini segera berakhir, sehingga kita dapat kembali menjalani kehidupan dengan normal,” kata Akbar diakhir kegiatan.

Acara yang dipandu oleh Putu Dita Lestari (mahasiswa Fakulta Keperawatan angkatan 2018) ini berlangsung lancar hingga pukul 12.00 Wita.(*/ir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :