Fakultas Kehutanan Unhas Bahas Perkembangan Jurnal Forest and Society bersama Rektor Unhas

11 Jun 2020 , admin-02 Akademik

Tangkapan layar saat berlangsungnya pembahasan perkembangan Jurnal Forest and Society Fakultas Kehutanan Unhas, Kamis (11/06).

Fakultas Kehutanan melalui editor Forest and Society Universitas Hasanuddin menyelenggarakan rapat bersama Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA) guna membahas perkembangan Journal of Forest and Society (FS). Rapat berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Kamis (11/06).
 
Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menyampaikan terima kasih atas komitmen Fakultas Kehutanan.  Dalam beberapa waktu terakhir, fakultas ini terus berupaya melakukan pengembangan publikasi.  Hasilnya adalah FS berhasil terindeks Scopus, sehingga dapat menjadi wadah bagi penulis dan peneliti Unhas untuk mempublikasikan karyanya.
 
FS tercatat sebagai satu satunya jurnal ilmiah di luar pulau Jawa yang terindeks Scopus. Jurnal ini juga tercatat dalam Sinta-1.
 
"Ini butuh kerja sama, tidak akan berkembang jika hanya satu dua orang saja yang mengerjakan. Butuh kolaborasi agar jurnal ini semakin berkembang sehingga menarik para peneliti lain untuk bisa bergabung sekaligus menghasilkan luaran penelitian yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan bermasyarakat," sambung Prof Dwia. 
 
Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unhas, Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D., Sp. MK., menambahkan agar kehadiran jurnal ini bisa menghasilkan ide dan topik riset menarik agar bisa meningkatkan minat meneliti Unhas. 
 
"Sebagai bagian dari bidang kerja inovasi dan riset, tentu kami sangat mendukung upaya tim jurnal. Kita harapkan ada kelompok peneliti yang menulis dan mengembangkan riset inovasi menghasilkan prototype yang bermanfaat bagi banyak orang," jelas Prof Nasrum. 
 
Dekan Fakultas Kehutanan, Dr. A. Mujetahid, S.Hut., MP., menuturkan sebagai pimpinan fakultas selalu berkoordinasi dengan tim pengelola dan menyediakan sarana prasarana yang dibutuhkan. Hal ini dilakukan agar jurnal tersebut bisa semakin eksis dan bermanfaat untuk mendorong minat riset peneliti Unhas secara khusus dan peneliti lainnya. 
 
"Kita akan memperluas cakupan kolaborasi risetnya. Tentu kami membutuhkan dukungan penuh dari pimpinan universitas. Agar upaya tersebut bisa berhasil dan sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama," jelas Mujetahid. 
 
Rapat yang dipandu oleh Muhammad Alif. K. Sahide, Ph.D., selaku Editor in Chief Journal of Forest and Society berlangsung hingga pukul 15.00 Wita.(*/mir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :