Fakultas Kedokteran Unhas Gelar Webinar Bahas Kiat Publikasi Ilmiah

29 Aug 2020 , admin-02 Akademik

Kegiatan resmi dibuka oleh Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA), Sabtu (29/08).

Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin menyelenggarakan webinar dengan tema "Road To Publishing Your Paper: A Practical Approach".  Kegiatan yang menjadi salah satu dari rangkaian kegiatan Dies Natalis Unhas ke-64 berlangsung pukul 13.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Sabtu (29/08).

Hadir sebagai nara sumber dr. Gita Vita Soraya, Ph.D (Departemen Biokimia, Fakultas Kedokteran Unhas), dr. Aldian Irma Amiruddin (Kandidat Ph.D Departemen Parasitologi, Pusat Medis Universitas Leidan, Belanda) dan dr. Faqi Nurdiansyah Hendra (Kandidat Ph.D Departemen Bedah dan Maksilofasial, Universitas Amsterdam, Belanda).

Mengawali kegiatan, Dekan FK Unhas Prof. dr. Budu, Ph.D., Sp.M(K)., M.Med.Ed., menjelaskan terkait capaian publikasi Unhas khususnya FK. Kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah dari FK Unhas secara khusus dan peserta yang mengikuti kegiatan secara umum.

"Terima kasih kepada pimpinan Universitas yang selalu mendukung dan mendorong untuk semakin meningkatkan kinerja kami. Pada bulan Agustus akhir, capain publikasi FK mencapai 80% dari target tahunan dan kebanyakan dari jurnal-jurnal Q1. Hal ini akan berdampak pada sitasi, " jelas Prof Budu.

Kegiatan resmi dibuka oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi kegiatan FK Unhas yang terus berkontribusi untuk almamater. Kegiatan ini diharapkan semakin menguatkan publikasi Unhas yang menjadi salah satu indikator keberhasilan peningkatan pemeringkatan Unhas secara nasional.

"Kita bersyukur tahun ini Unhas masuk ke peringkat tujuh nasional, dimana salah satu indikatornya adalah jumlah dan kualitas publikasi. Capain ini akan terus kita dorong dengan melibatkan secara aktif seluruh unit kerja. Setiap fakultas berkontribusi untuk meningkatkan jumlah publikasi. Tahun ini kita targetkan 1.750 artikel terindeks Scopus. Hingga Agustus, sudah tercapai 1.733 artikel. Jadi kita optimis ini akan tercapai," jelas Prof Dwia.

Usai pembukaan secara resmi, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para narasumber yang hadir. Kegiatan yang dipandu oleh dr. Diandra Sabrina Natsir Kalla (Kandidat Ph.D Departemen Oral dan Maksilofasial, Universitas Amsterdam, Belanda)  selaku moderator diikuti kurang lebih 500 peserta berlangsung lancar hingga berakhirnya acara pukul 16.00 Wita.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :