Empat Prodi Unhas Dikunjungi Asesor Akreditasi ASIIN

20 Feb 2019 , admin00 Akademik

Universitas Hasanuddin menerima visitasi asesor lembaga akreditasi internasional asal Jerman, yang bernama Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik atau ASIIN, di ruang lounge gedung Rektorat Unhas, Rabu (20/02/2019).  Rektor Unhas menerima kedatangan para asesor, diikuti oleh seluruh Dekan, Wakil Rektor, Direktur, dan Kepala Biro di lingkungan Unhas.
 
Asesor ASIIN tersebut adalah Prof. Dr. Gert Fricker (Heidelberg University), Prof. Dr. Phillipp Eschenbeck (University of Applied Sciences Bochum), Prof. Steve Strupeit (University of Education Schwabisch Gmund), Prof. Dr. Harry Palm (University Rostock), Prof. Dr. Siegfried (University of Applied Science Neubrandenburg), Dr. Frank Peter Ritter (Bayer AG), Prof Dr. Ing Oliver Schluter (Leibniz-Institut fur Agrartechnik und Biookonomie), Dr. Christin Habermann (Representatives of ASIIN Secretariat), Mr. Arnold Rainer (Representatives of ASIIN Secretariat).
 
Para asesor lembaga akreditasi internasional itu akan melakukan asesmen pada 4 program studi, yakni Farmasi, Keperawatan, Budidaya Perikanan, serta Ilmu dan Teknologi Pangan. Visitasi  keempat program studi tersebut merupakan Batch I yang akan dievaluasi untuk mendapatkan akreditasi ASIIN.
 
Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu menyambut dengan hangat para asesor. Dwia mengatakan pada asesor bahwa pengajuan akreditasi ASIIN merupakan bentuk komitmen universitas untuk meningkatkan kualitas pengelolaan sejumlah program studi, khususnya untuk pelayanan pendidikan untuk mahasiswa dan penelitian.  Upaya itu sejalan dengan posisi Unhas sebagai universitas terbaik yang ada di kawasan Indonesia bagian timur.
 
“Komitmen kami untuk meningkatkan program studi yang berkualitas terus berkembang. Bagi saya dan semua pimpinan universitas hal tersebut merupakan bagian semangat untuk tetap menjadi yang terbaik di wilayah Indonesia bagian timur. Pemerintah pusat dan masyarakat setempat menaruh harapan besar kepada kami untuk  mengembangkan universitas ini,” kata Rektor Unhas.
 
Dalam kesempatan itu, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu mengatakan pada para asesor bahwa akreditasi kelembagaan yang dimiliki Unhas secara nasional adalah yang terbaik  atau rangking A. Posisi ini di Indonesia, menurutnya, tidak banyak perguruan tinggi yang bisa mencapainya.  Selain itu, Unhas juga terus meningkatan berbagai akreditasi internasional program studi, antara lain melalui AUN-QA, ABEST, dan ASIIN itu sendiri.
 
“Jadi, ini merupakan kesempatan yang baik bisa bersama para delegasi ASIIN yang akan melakukan asesmen pada beberapa program studi. Proses ini sejalan dengan strategi kami        menuju universitas kelas dunia. Kami percaya, melalui upaya tersebut, kami bisa mendapatkan kesempatan dan akses yang luas untuk bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi terbaik di dunia, dengan industri, dan mitra dunia lainnya,” kata Rektor Unhas.
 
Mr. Arnold Rainer selaku perwakilan sekretariat ASIIN di Jerman mengucapkan rasa terima kasihnya atas penerimaan Universitas Hasanuddin. Dia dia juga menyatakan rasa bahagianya bisa berada di kota Makassar, pulau Sulawesi, khususnya di Unhas.
 
“Ini pertama kali kami berada di sini. Saya sangat berharap, kita bisa melanjutkan kerja sama  ini dengan baik, melalui pengembangan kerja sama dengan program lainnya. Hari ini, kami akan melakukan diskusi yang panjang dengan para dekan dan  wakil dekan, serta mahasiswa tentang program studi mereka,” kata Arnold dalam sambutan pendeknya.
 
Menurut rencana, usai acara penerimaan resmi tersebut, para asesor ASIIN akan melakukan kunjungan ke sejumlah fasilitas tingkat universitas, antara lain perpustakaan pusat, pusat bahasa, laboratorium komputer, pusat kegiatan olah raga mahasiswa, rumah sakit pendidikan, dan lainnya.
 
Asesor ASIIN itu juga akan mengunjungi fasilitas akademik fakultas dan program studi secara pararel, seperti ruang kelas, laboratorium, dan fasilitas lainnya. Selain itu, tim asesmen akan melakukan wawancara dengan sejumlah staff akademik dan mahasiswa tentang pengelolaan pendidikan, pengajaran, dan riset di masing-masing progra studi dan fakultas. Delegasi dari ASIIN ini akan berada di Makassar hingga tanggal 23 Februari 2019 mendatang.(*)
 
Laporan: Hidayat Doe, Foto: Dody Prasetyo
Editor: Ishaq Rahman

Baca juga :