Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Tinjau Laboratorium Garam Unhas

26 Sep 2019 , admin-02 Akademik

Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA) bersama Direktur Jenderal Penguatan Inovasi, Dr. Ir. Jumain Appe, M.Si dan rombongan mengunjungi Laboratorium Garam Unhas

Direktur Jenderal Penguatan Inovasi, Dr. Ir. Jumain Appe, M.Si berkunjung ke Universitas Hasanuddin, dalam rangka meninjau perkembangan Laboratorium Garam Unhas yang dikenal dengan istilah “LARAS”.  Kunjungan berlangsung pada Kamis (26/09), pukul 11.00 WITA.
 
Turut mendampingi kunjungan ini adalah Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA), Direktur Inovasi dan Kewirausahaan (Dr. Muh. Akbar, M.Si), Koordinator Laboratorium (Prof. Dr. Ir. Budimawan, DEA), serta Kepala Lab dan beberapa staf.
 
Menurut Jumain Appe, laboratorium garam yang dikelola oleh Unhas sudah cukup bagus untuk meningkatkan kualitas garam. Dengan teknologi yang dimiliki oleh Unhas, diharapkan dapat membantu peningkatan kualitas garam yang dihasilkan oleh masyarakat pada wilayah penghasil di Sulawesi Selatan.
 
“Seperti yang kita ketahui, setiap tahun kita mengimpor garam yang jumlahnya cukup besar, padahal negara kita dikelilingi oleh laut. Dengan adanya teknologi yang dimiliki Unhas, saya melihat ada potensi untuk meningkatkan kualitas tersebut. Unhas bisa meningkatkan kualitas garam yang dihasilkan di Jeneponto, sehingga nilai jualnya lebih meningkat.  Ini tentu membantu peningkatan kesejahteraan petani garam,” jelas Jumain.
 
 
Rektor Unhas berpesan kepada para pengelola laboratorium untuk membenahi sarana dan prasarana yang ada.  Hal ini penting untuk mencapai standar laboratorium yang baik, sehingga tujuan dibentuknya laboratorium ini dapat tercapai, yaitu menghasilkan garam kualitas tinggi yang siap dipasarkan.
 
“Ini masih perlu beberapa pembenahan, mungkin teman teman bisa tambahkan papan informasi atau memperhatikan alat yang dipakai. Sehingga dengan bantuan alat yang baik dan memadai, maka hasil garamnya juga lebih baik,” jelas Prof Dwia. 
 
LARAS (Laboratorium Garam Unhas) merupakan salah satu program Kemenristekdikti yang dijalankan oleh dosen-dosen Unhas dari beberapa fakultas yang berbeda.  Laboratorium ini digunakan untuk meningkatkan kualitas natrium klorida yang tujuan akhirnya mendapatkan SNI agar siap bersaing di pasaran.(*)
 
 
Editor : Ishaq Rahman

Baca juga :