Diklat PPD RPJMD ditutup, Rektor Unhas: Menyusun RPJMD Untuk Pembangunan Berkelanjutan

25 Sep 2020 , admin-02 Akademik

Kegiatan resmi ditutup oleh Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA), Jumat (25/09).

Setelah berlangsung selama dua minggu, Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) – Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) secara resmi ditutup, Jum’at (25/9) pukul 14.30 Wita.Acara penutupan berlangsung virtual melalui aplikasi zoom meeting.
 
Diklat PPD RPJMD merupakan kerja sama antara Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) dan Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan (P2KP) Universitas Hasanuddin.
 
Kegiatan resmi ditutup oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA.  Dalam sambutannya, Prof. Dwia menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan Pusbindiklatren Bappenas kepada Unhas untuk melakukan pelatihan ini.
 
Selama beberapa tahun, Universitas Hasanuddin melalui P2KP memperoleh amanah untuk menggelar berbagai program peningkatan kapasitas sumber daya manusia perencana, baik tingkat nasional maupun regional.
 
"Kegiatan ini sangat penting, sebab kesuksesan pembangunan daerah tergantung dari bagaimana RPJMD tersebut disusun. Kita berharap, penyelenggaraan kegiatan yang sudah berjalan selama dua minggu ini dapat memberikan pengetahuan, skill dan strategi baru bagi para perencana untuk menyusun RPJMD yang mendukung pembangunan berkelanjutan," jelas Prof Dwia. 
 
Lebih lanjut, Prof Dwia menambahkan peran daerah sangat dibutuhkan untuk mendukung Indonesia keluar dari middle income trap. Peran setiap daerah salah satunya ditunjukkan dengan penyusunan RPJMD yang baik dan mampu menempatkan peran setiap pihak yang terlibat. 
 
Diakhir sambutannya, Prof Dwia berharap kegiatan ini akan memberikan informasi update kepada para perencana dan membantu dalam penyusunan RPJMD yang berkualitas.
 
Diklat PPD RPJMD yang diselenggarakan oleh P2KP Universitas Hasanuddin berlangsung sejak tanggal 14 September 2020. Acara penutupan dihadiri oleh seluruh peserta yang berjumlah 25 orang dari lima kabupaten, yaitu: Kabupaten Maros (5 orang), Kabrupaten Barru (5 orang), Kabupaten Toraja Utara (4 orang), Kabupaten Bulukumba (6 orang), dan Kabupaten Selayar (5 orang).(*/mir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :