Dari Unhas, Gubernur Resmikan IDN Hyperlocal Sulsel

23 Apr 2019 , admin00 Akademik

Portal media online yang sedang berkembang pesat, IDN Times, meresmikan pembukaan Kantor Perwakilan di Makassar, Selasa, 23 April 2019.  Seremoni panandatanganan prasasti peresmian pembukaan Kantor Perwakilan ini berlangsung di Ruang Senat, Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas.
 
Acara ini dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Nurdin Abdullah, M.Agr, Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, Editor in Chief IDN Times, Uni Lubis, dan salah seorang pendiri IDN Times, Winston Utomo.  Turut hadir pula Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. drg. A. Arsunan, M.Kes, dan ratusan mahasiswa Universitas Hasanuddin.
 
Acara bertema “Unleashing Innovation: Embracing Entrepreneurship DNA” ini diawali dengan paparan Uni Lubis yang memperkenalkan IDN Times Millennial Forums.  IDN Times meluncurkan Indonesia Millennial Report 2019, yang memaparkan karakteristik kaum muda Indonesia dalam aktivitas online.
 
“IDN Times sejak awal didirikan memang menyasar kalangan millennial. Sekarang ini, kami adalah portal online peringkat ke-5 di Indonesia.  Untuk kategori yang berusia dibawah 10 tahun, IDN Times ada di peringkat pertama,” kata Uni Lubis mengawali paparannya.
 
Dalam Indonesia Millennial Report 2019 yang dipaparkan, terdapat sejumlah data yang sangat menarik.  Misalnya, terdapat 19.5% millennial lebih senang Indonesia berbentuk khilafah daripada republik.  Atau 66.3% millennial cenderung ingin menikah pada usia 21 tahun.  Laporan ini juga menyebutkan sebanyak 79% millennial memeriksa ponsel maksimal 1 menit setelah bangun tidur, atau ada 23.4% saja dari millennial yang mengikuti isu-isu politik, ekonomi, dan sosial budaya.  Hal yang menggembirakan adalah 89.1% millennial optimis dengan keberagaman Indonesia.
 
“Laporan ini menyajikan data yang sangat menarik untuk dianalisa.  Teman-teman yang hadir bisa mendownload ini dan bisa menjadi bahan skripsi,” kata Uni Lubis.
 
Sementara itu, dalam sambutan singkatnya Rektor Unhas mengungkapkan kebahagiaannya atas pemilihan Unhas sebagai tempat peresmian secara simbolik Perwakilan IDN Times di Sulawesi Selatan.
 
“Tadi ketika mendengar penjelasan tentang visi IDN Times yang memberi ruang pada anak muda, saya pikir tepat sekali acara ini dilaksanakan di Unhas.  Anak-anak mahasiwa ini merupakan aset dan kekuatan masa depan bangsa.  Apalagi kita nantinya akan menghadapi bonus demografi, maka mahasiswa ini perlu terus diperkuat,” kata Prof. Dwia.
 
Winston Utomo sebagai salah seorang pendiri IDN Times pada kesempatan ini memaparkan kisah ketika dirinya pertama kami mendirikan portal media online yang kini berhasil menjadi papan atas di Indonesia hanya dalam waktu 4 tahun.
 
“Saya dulu bekerja di Kantor Google Singapura.  Ketika itu saya resah dengan banyak informasi yang beredar dari berbagai sumber di internet namun tidak terklarifikasi, dan banyak dikonsumsi oleh kaum millennial kita.  Saya pikir kita harus mencari alternatif untuk hal ini,” papar Winston.
 
Winston juga membagikan tips untuk mencapai sukses bagi anak muda.  Menurutnya, kelima hal ini dipelajarinya selama mengembangkan IDN Times, yaitu: mengambil hikmah dari setiap kejadian, utamakan pengalaman dibandingkan uang, tidak takut gagal, berusaha untuk mengontrol ego, dan mendengarkan orang lain.
 
Dalam keynote speech-nya, Gubernur Sulawesi Selatan membagikan inspirasi yang diperoleh dari pengalaman selama dirinya berkiprah di dunia pendidikan, dan pemerintahan.
 
“Data yang dipaparkan oleh Mbak Uni Lubis tadi tentang  66.3% millennial cenderung menikah diusia muda, itu sepertinya menyindir saya.  Dulu, saya menikah pada usia 21 tahun,” kata Nurdin.
 
Dirinya juga membagikan pengalaman dan pelajaran yang diperoleh dari Jepang, negeri tempatnya menuntut ilmu selama bertahun-tahun.  “Dari berbagai faktor yang mendorong majunya suatu bangsa, kuncinya adalah integritas,” kata mantan Bupati Bantaeng selama dua periode ini.
 
Acara peresmian IDN Times Hyperlocal Sulse ini diakhiri dengan penandatanganan prasasti dan plakat oleh Gubernur Sulawesi Selatan, dan penyerahan Indonesian Millennial Report 2019 oleh Winston Utomo kepada Gubernur dan Rektor Unhas.(*)
 
Editor: Ishaq Rahman
 

Baca juga :