Dalam Rangka Akreditasi, Dua Program Studi Fakultas Teknik Unhas Divisitasi ABET

23 Oct 2019 , admin-02 Akademik

Para evaluator dan observer yang hadir dalam rangka vitasi akreditasi ABET disambut baik oleh Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA). Berlangsung di Meeting Room Gedung COT, Fakultas Teknik Unhas, Rabu (23/10).

Dua program studi di Fakultas Teknik Unhas, yaitu Prodi Teknik Sipil dan Prodi Teknik Elektro, menerima kedatangan evaluator dan observer dalam rangka visitasi akreditasi ABET. Pembukaan visitasi berlangsung pada Rabu (23/10) di Meeting Room Gedung COT, Fakultas Teknik Unhas, Kabupaten Gowa.
 
Acara ini dihadiri oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, para Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Direktur dan Ketua Lembaga, Dekan lingkup Universitas Hasanuddin, serta Taskforce Unhas untuk akreditasi ABET.
 
Para evaluator dan observer yang hadir antara lain Prof. Abu Masud selaku Ketua dari Koordinator Tim ABET, Prof. Carlos Carbrera dan Prof. Utpal Dutta sebagai evaluator program studi, dan Prof. Muhammad Romli sebagai observer dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE). 
 
Dalam sambutannya, Rektor Unhas menjelaskan bahwa Universitas Hasanuddin khususnya Fakultas Teknik sangat senang dengan kedatangan Tim dari ABET. Ini merupakan kedatangan yang ditunggu-tunggu, karena inilah untuk pertama kalinya program studi di Unhas divisitasi untuk akreditasi ABET. Penilaian kualitas dari ABET linear dengan cita-cita Unhas untuk dapat dikenal sebagai World Class University.
 
 
“Kami percaya bahwa dengan mendapatkan akreditasi ABET, tidak hanya untuk menstimulasi kedua prodi untuk meningkatkan kualitas pada level internasional, tetapi juga dapat diikuti oleh prodi lain untuk mengambil peluang yang besar untuk mengembangkan jaringan dan kerjasama dengan institusi luar negeri,” tutur Prof. Dwia.
 
Selanjutnya, Prof. Abu menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Universitas Hasanuddin karena telah diundang serta disambut dengan baik oleh seluruh jajaran. Proses evaluasi ini mungkin akan memakan waktu yang lama karena penilaian ABET sangat kompleks.
 
“Fokus utama ABET adalah melihat peningkatan berkelanjutan, khususnya pada pembelajaran mahasiswa, karena Universitas bukanlah sebuah Universitas tanpa mahasiswa,” jelas Prof. Abu.
 
Dengan mendapatkan akreditasi ABET bukanlah sebuah akhir, tetapi ini menjadi sebuah permulaan.  Diharapkan, peningkatan yang terjadi adalah proses berkelanjutan. Penilaian ABET setara dengan penilaian kualitas universitas-universitas  di Amerika.
 
Dekan Fakultas Teknik Unhas, Prof. Dr. Ir. Muhammad Arsyad, selanjutnya memberikan presentasi tentang Fakultas Teknik Gowa. Beliau memberikan gambaran tentang prodi-prodi yang ada di Fakultas Teknik, serta Visi dan Misi fakultas yang dipimpinnya.  Prof. Arsyad juga memaparkan jumlah kelas, mahasiswa dan alumni, serta jumlah staf akademik dari masing-masing departemen. Termasuk jumlah jurnal dan pencapaian, serta kegiatan mahasiswa yang telah dihasilkan oleh Fakultas Teknik hingga 2019 ini.
 
Proses visitasi ABET ini akan berlangsung hingga Jumat (25/10) mendatang.(*)
 
Editor : Ishaq Rahman

Baca juga :