Civitas Akademika Unhas Gelar Halal bi Halal

10 Jun 2019 , admin00 Seremonial

Mengawali hari kerja paska libur panjang menyambut Idul Fitri 1440 H, civitas akademika Universitas Hasanuddin menggelar halal bi halal.  Acara yang berlangsung di Baruga A.P. Pettarani Kampus Unhas Tamalanrea ini dihadiri oleh Rektor Unhas, para Wakil Rektor, Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, Dewan Guru Besar, para Dekan, Direktur, Kepala Biro, dan ribuan dosen serta tenaga kependidikan.
 
Turut hadir pula dua Rektor Unhas pada masanya, yaitu Prof. Dr. Ir. Rady A. Gani dan Prof. Dr. Basri Hasanuddin, MA.
Halal bi halal diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh Ammar Suud. Mahasiswa Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan ini merupakan Juara Musabaqah Tilawatul Qur’an (MTQ) tingkat Unhas tahun 2019.
 
Selanjutnya, acara diisi dengan penampilan Sholawat Hadro dan Marawis oleh Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Unhas yang dipimpin oleh Hj. Hasnah Nurdin Dai. 
 
Pada kesempatan ini, hikmah Halal bi Halal disampaikan oleh Ustad Dr. H. Usman Jasad, S.Ag, M.Ag. Hikmah halal bi halal yang diberi judul “The Power of Words” (kekuatan kata-kata) ini berisi pesan-pesan tentang kekuatan kata-kata yang diucapkan oleh manusia.
 
Ustads Usman Jasad mengisahkan tentang penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli dari Jepang bernama Mazaro Emoto tentang perubahan molekul air yang selalu terpapar oleh kata-kata baik dan kata-kata buruk.
 
“Penelitian Dr. Emoto menunjukkan bahwa air yang selalu didengarkan kata-kata baik memiliki molekul yang teratur. Sedangkan air yang selalu didengarkan kata-kata buruk memiliki molekur tidak beraturan,” kata Ustad Usman.
 
Penelitian yang telah diterbitkan dalam buku berjudul “The Hidden Messages in Water” ini menjadi salah satu buku best seller versi New York Times.  “Penelitian itu menunjukkan bahwa kata-kata yang baik bisa menimbulkan perilaku positif,” lanjut Ustad Usman.
 
Dalam sambutannya, Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA mengucapkan rasa syukur atas antusiasme seluruh civitas akademika menghadiri halal bi halal ini.  
“Saya ingin menyampaikan beberapa kabar gembira. Pada Ramadhan lalu, keluar pengumuman akreditasi internasional untuk empat prodi dengan hasil sangat baik.  Dari BAN PT, kita juga memperoleh hasil akreditasi 6 prodi yang memperoleh nilai A. Produktivitas riset kita naik ke posisi ke-4 nasional versi SINTA Ristekdikti,” jelas Prof. Dwia.
 
Rektor Unhas menjelaskan bahwa capaian ini dapat tercapai karena kebersamaan dan kerja tulus yang ditunjukkan oleh seluruh civitas akademika.
 
“Saya selalu mengikuti jejak para rektor terdahulu, bahwa kunci keberhasilan pengelolaan lembaga ini adalah kebersamaan.  Kita bisa menyalurkan energi postif, sehingga melahirkan motivasi dan sinergi,” kata Prof. Dwia.
 
Direktur Komunikasi Unhas, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D menjelaskan bahwa halal bi halal ini juga merupakan momentum saling memaafkan diantara para civitas akademika Unhas.
 
“Halal bi halal ini merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap tahun.  Kita ingin mengawali kerja hari pertama paska liburan panjang dengan memperkuat kembali silaturahmi.  Kami berharap, momentum ini dapat memberi semangat baru bagi seluruh civitas akademika Unhas,” kata Suharman.
 
Acara halal bi halal diakhiri dengan saling berjabat tangan sebagai momentum berma'af-ma'afan diantara para civitas akademika.(*)
 
 
Editor: Ishaq Rahman

Baca juga :