Brunch Talk Edisi #7 Membahas Berbagai Peluang Beasiswa di Unhas

17 Jul 2020 , admin-02 Akademik

Seri Brunch Talk Edisi #7 kembali dihadirkan oleh Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin. Untuk edisi kali ini tema pembahasan yang diangkat adalan "Hal Yang Tidak Boleh Terlewatkan Saat Kuliah (Beasiswa Yang Ada di Unhas)”. Kegiatan ditayangkan secara live melalui Instagram Unhas @hasanuddin_univ, pukul 09.30 Wita, Jumat (17/07).
 
Brunch Talk Edisi #7 menghadirkan Kepala Sub Direktorat Penyiapan Karir Unhas, Dr. Ir. A. Amidah Amrawaty, SPt., M.Si., sebagai nara sumber. 
 
Kehadiran beliau ditujukan untuk memberikan informasi seputar bantuan dana pendidikan yang tersedia di Unhas. Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa Unhas utamanya bagi mahasiswa baru yang ingin memperoleh bantuan dana pendidikan bisa mempersiapkan diri dan administrasi yang dibutuhkan. 
 
"Beasiswa di Unhas banyak, ada beasiswa prestasi sampai pada bantuan dana pengembangan usaha. Untuk informasi terupdate terkait beasiswa Unhas, mahasiswa bisa melihat informasi lengkapnya di website kemahasiswaan Unhas," jelas Amidah. 
 
Menurut data kemahasiswaan, dari 24 ribu mahasiswa program sarjana Unhas, sebanyak 30% diantaranya adalah penerima beasiswa.  Terdapat persyaratan yang beragam, tergantung dari pemberi beasiswa.  Namun demikian, ada hal yang umum dari persyaratan tersebut.
 
“Umumnya, donatur pemberi beasiswa mensyaratkan indeks prestasi kumulatif atau IPK mahasiswa itu di atas 3. Bahkan, seperti Bank Indonesia itu mensyaratkan IPK mahasiswa di atas 3,5. Ada juga donatur yang mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris, atau mensyaratkan hafal al Qur’an,” kata Amidah. 
 
Jenis beasiswa juga beragam. Ada donatur yang memberi beasiswa menyeluruh, mencakup biaya hidup dan uang kuliah. Tapi ada juga yang parsial, misalnya hanya menanggung uang kuliah, atau hanya menanggung biaya penelitian.
 
“Intinya, mahasiswa harus rajin-rajin memantau informasi tentang beasiswa ini selama menjadi mahasiswa.  Kita membuka informasinya seluas mungkin, baik melalui website, maupun melalui bagian kemahasiswaan di fakultas,” kata Amidah.
 
Kegiatan yang dipandu oleh Erwin Syam (Student Volunteer Unhas) secara live melalui akun sosial media Instagram Unhas diikuti oleh sekitar 100 peserta. Kegiatan berlangsung dengan lancar hingga berakhirnya pukul 10.30 Wita.(*/mir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :