Brunch Talk Edisi #43 Kenal Dekat Pusat Bahasa Mandarin Unhas

27 Nov 2002 , admin-02 Akademik

Seri Brunch Talk Edisi #43 kembali dihadirkan oleh Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin. Untuk edisi kali ini membahas tentang Pusat Bahasa Mandarin (PBM) Unhas. Kegiatan ditayangkan secara live melalui instagram @hasanuddin_univ, pukul 09.30 Wita, Jumat (27/11).

Hadir sebagai narasumber adalah salah satu pengajar bahasa mandarin PBM Unhas yakni Zhou Xiande (Budiman). Pada kesempatan tersebut, beliau menjelaskan secara umum terkait PBM mulai dari fungsi hingga fasilitas layanan yang dihadirkan kepada mahasiswa maupun masyarakat luas.

PBM Unhas sudah ada sejak sembilan tahun silam tepatnya 22 Februari 2011. Berbagai aktifitas dihadirkan PBM, antara lain membuka kelas bahasa mandarin. Ini hadir sebagai bentuk implementasi dari kerjasama Unhas dengan Nanchang University.

"PBM berpusat di Fakultas Ilmu Budaya, sudah banyak kegiatan yang kami lakukan. Selain membuka kursus kelas mandarin, juga dilakukan pelaksanaan ujian HSK. Selain itu, juga tersedia program summer camp bagi mahasiswa yang tertarik mengenal lebih jauh tentang kebudayaan Cina," jelas Zhou.

Ujian HSK atau Hanyu Shuiping Kaoshi adalah Ujian Kemampuan Bahasa Tionghoa atau Ujian Standar Bahasa Tionghoa.  Ini merupakan ujian standarisasi kemampuan berbahasa Cina untuk penutur asing.  Ujian ini biasanya diikuti oleh mahasiswa asing, pendatang dari luar, maupun anggota kelompok etnis minoritas di Tiongkok.

Lebih lanjut, Zhou menuturkan bahwa belajar Bahasa Mandarin memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Namun, melalui PBM mahasiswa maupun masyarakat bisa belajar Bahasa Mandarin dengan pengajar yang memang berasal dari Cina atau penutur asli (native speaker).

Kegiatan yang dipandu oleh Iskandar Zulkarnain (Student Volunteer Unhas) diikuti oleh kurang lebih 100 peserta berlangsung lancar hingga pukul 10.00 Wita.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :