Brunch Talk Edisi #42 Kenal Dekat Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata Unhas

25 Nov 2020 , admin-02 Akademik

Brunch Talk Edisi 42 yang membahas seputar P2KKN Unhas ditayangkan secara live melalui instagram Unhas @hasanuddin_univ, Rabu (25/11).

Seri Brunch Talk Edisi #42 kembali dihadirkan oleh Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin. Untuk edisi kali ini membahas tema "Indah Untuk Dikenang, Tidak Untuk Diulang: Seputar Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN) Unhas". Kegiatan ditayangkan secara live melalui instagram Unhas @hasanuddin_univ, pukul 09.30 Wita, Rabu (25/11).

Hadir sebagai narasumber adalah Kepala P2KKN Unhas Muhammad Kurnia, S.Pi., M.Sc., Ph.D. Pada kesempatan ini, beliau menjelaskan secara umum terkait P2KKN mulai dari fungsi dan tanggung jawab kerja hingga fasilitas layanan yang dihadirkan.

Kurnia menuturkan bahwa P2KKN merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Unhas. Tugas dan tanggung jawab unit ini mencakup seluruh aspek KKN, mulai dari perencanaan, persiapan dan penyelenggaraan, sebagai salah satu mata kuliah pengabdian yang harus ditempuh oleh mahasiswa.

"Proses pembelajaran berbasis masyarakat dengan mahasiswa sebagai peserta. Dalam pelaksanaan disesuaikan dengan bidang masing-masing disiplin ilmu peserta, untuk menyelenggarakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dibawah bimbingan dosen pendamping," jelas Kurnia.

Lebih lanjut, Kurnia juga menjelaskan mekanisme pelaksanaan KKN selama masa pandemi Covid-19.  Pada kondisi ini, KKN mengedepankan konsep kemandirian, karena dilaksanakan pada wilayah domisili masing-masing peserta. Namun, tetap diupayakan tujuan kegiatan pengabdian sejalan dengan proses KKN, meskipun berlangsung di daerahnya sendiri.

Diakhir sesi, Kurnia menyebutkan KKN merupakan proses belajar dan mengabdi pada masyarakat. Beliau mengungkapkan masih banyak masyarakat yang menunggu uluran bantuan dan menyakini bahwa dengan proses pengabdian akan banyak ilmu yang diperoleh.

Kegiatan yang dipandu oleh Ardiyah Nurul Fitrih Marzaman, S.Si., (Student Volunteer Unhas) diikuti oleh kurang lebih 100 peserta berlangsung lancar hingga pukul 10.00 Wita.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :