Brunch Talk Edisi #40 Kenal Dekat Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Unhas

19 Nov 2020 , admin-02 Akademik

Tangkapan layar kegiatan Brunch Talk Edisi 40 yang ditayangkan secara live melalui instagram Unhas, Kamis (19/11).

Seri Brunch Talk Edisi #40 kembali dihadirkan oleh Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin. Untuk edisi kali ini tema yang diangkat adalah "Orang-orang dibalik Layar yang Menjaga Kelancaran Layanan IT Unhas: Seputar Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Unhas". Kegiatan ditayangkan secara live melalui instagram Unhas @hasanuddin_univ, pukul 09.30 Wita, Kamis (19/11).

Hadir sebagai narasumber adalah Direktur Sistem dan Teknologi Informasi (DSTI) Dr.Eng. Muhammad Niswar, S.T., M.IT. Pada kesempatan tersebut, beliau menjelaskan terkait tugas dan tanggung jawab DSTI yang memastikan sistem jaringan dan internet lingkup Unhas berjalan dengan baik.

Niswar menjelaskan DSTI yang berada dibawah pengawasan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Infrastruktur memiliki tugas dan tanggung jawab menyediakan layanan berbasis teknologi untuk dimanfaatkan oleh kalangan sivitas akademika Unhas.

Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab tersebut, DSTI dibantu oleh dua sub direktorat (Subdit), yakni Subdit Sistem Informasi dan Subdit Infrastruktur dan Jaringan. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan penyediaan layanan, mengingat cakupan kerja yang cukup luas.

Selama masa pandemi, DSTI tetap menjaga konektivitas internet lingkup Unhas karena memiliki peran penting dalam mendukung proses pembelajaran daring dan aktivitas lainnya yang berlangsung sejak Covid-19.

"Selain tenaga kesehatan, orang orang IT juga memiliki kontribusi besar selama masa pandemi Covid-19. Mereka memastikan penggunaan layanan koneksi internet tetap stabil dan dapat digunakan. Bayangkan jika koneksi internet bermasalah, tentu akan berpengaruh pada aktivitas informasi dan keseharian di masa pandemi saat ini," jelas Niswar.

Diakhir sesi, Niswar menuturkan untuk sivitas akademika Unhas yang terkendala jaringan internet bisa langsung menghubungi DSTI agar layanan internet yang mengalami kendala bisa segera diperbaiki.

Kegiatan yang dipandu oleh Andre Robinson Teko (Student Volunteer Unhas) diikuti oleh kurang lebih 100 peserta berlangsung lancar hingga pukul 10.00 Wita.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :