Brunch Talk Edisi #35 Kenal Dekat Dengan UPT Unhas Press

27 Oct 2020 , admin-02 Akademik

Seri Brunch Talk Edisi #35 kembali dihadirkan oleh Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin. Untuk edisi kali ini tema yang diangkat adalah "Abadikan Diri Melalui Tulisan: Lebih Dekat Dengan UPT Unhas Press". Kegiatan ditayangkan secara live melalui instagram Unhas @hasanuddin_univ, pukul 09.30 Wita, Selasa (27/10).

Hadir sebagai narasumber adalah Kepala UPT Unhas Press, Dr. Alem Febri Sonni, M.Si. Pada kesempatan tersebut, beliau menjelaskan mengenai UPT Unhas Press secara umum mulai dari tugas sampai pada mekanisme pelayanan yang tersedia.

Dalam penjelasannya, Sonni menjelaskan Unhas Press telah berdiri sejak lama. Awalnya, Unhas Press bernama Lembaga Penerbitan Unhas (LEPHAS). Namun, sejak Unhas bertransformasi menjadi PTN-BH, maka Lembaga Penerbitan Unhas kemudian ditetapkan sebagai satu unit kerja yakni UPT Unhas Press.

"Unhas Press satu-satunya university publisher yang mengakomodir kebutuhan publikasi dan produksi buku. Secara teknis, menerbitkan buku ber-ISBN. Selain menerbitkan buku, Unhas Press juga melayani permintaan mahasiswa untuk mencetak skripsi, tesis, dan disertasi, serta karya tulis lainnya," jelas Sonni.

Lebih lanjut, Sonni juga menjelaskan terkait pengembangan layanan inovatif yang dihadirkan Unhas Press. Tujuannya untuk memberikan kemudahan dan membantu dosen, mahasiswa, maupun masyarakat yang ingin menggunakan jasa layanan penerbitan buku.

"Teman-teman bisa mengunjungi laman unhaspress.com untuk mengetahui berbagai informasi layanan yang kami tawarkan. Dimasa pandemi saat ini, kami juga menghadirkan jasa untuk mencetak skirpsi, thesis dan disertasi dengan sistem online, sehingga lebih memudahkan bagi mahasiswa ditengah pandemi seperti sekarang," tutup Sonni.

Diakhir sesi, Sonni mengajak mahasiswa untuk menjadi penulis. Hal ini dimaksudkan agar gairah penerbitan kembali hidup, tidak dengan biaya yang mahal tapi memiliki royalti yang bagus. Buku-buku terbitan Unhas Press juga telah tersedia di google book, yang merupakan platform distribusi buku secara digital.

Kegiatan yang dipandu oleh Aryun Khairun Nisaa, S.I.Kom (Student Volunteer Unhas) diikuti oleh kurang lebih 100 peserta berlangsung lancar hingga pukul 10.30 Wita.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :