Brunch Talk Edisi #33 Kenal Dekat Dengan ULT Unhas

20 Oct 2020 , admin-02 Akademik

Seri Brunch Talk Edisi #33 kembali dihadirkan oleh Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin. Untuk edisi kali ini tema yang diangkat adalah "Ngurus Ini Itu Tanpa Ribet? ULT-in Aja! (Seputar Unit Layanan Terpadu Unhas). Kegiatan ditayangkan secara live melalui instagram Unhas @hasanuddin_univ, pukul 10.00 Wita, Selasa (20/10).

Hadir sebagai narasumber adalah Kepala Sub Direktorat Prokoler Unhas, Diyah Yumeina R.D., Ph.D., yang menjelaskan fungsi dan mekanisme pelayanan ULT Unhas.

Universitas Hasanuddin meresmikan pembukaan gedung Unit Layanan Terpadu (ULT), sejak Jum’at (19/6). Acara yang berlangsung pada pukul 10.00 Wita ini berlangsung di Lantai 1 Gedung Rektorat Unhas. Turut hadir Rektor Unhas, para Wakil Rektor, para Dekan, Kepala Biro, dan Direktur, dengan menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19 yang ketat.

ULT merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang diturunkan ke dalam Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Dalam implementasinya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kemudian membuka Unit Layanan Terpadu, yang diikuti oleh pembukaan ULT oleh perguruan tinggi.

"Unit ini merupakan hal baru di Unhas, yang berfungsi dalam memberikan pelayanan informasi kepada sivitas akademika Unhas maupun masyarakat umum. Selain layanan informasi, ULT juga menghadirkan layanan proses untuk memudahkan dalam pengurusan administrasi dan sebagainya sesuai Standar Operasional dan Prosedur yang tersedia," jelas Diyah.

ULT Unhas hadir dalam memberikan layanan yang dibutuhkan seperti verifikasi ijazah, pencetakan surat keterangan pengganti ijazah, permohohan izin peminjaman ruangan, dan beberapa layanan lain dalam mendukung kebutuhan dan pemenuhan informasi civitas akademika maupun masyarakat.

"Dalam perkembangannya kedepan, ULT akan terus kami tingkatkan agar sesuai dengan prinsip ULT dalam memberikan layanan prima, cepat, efektif dan efisien," sambung Diyah.

Untuk sementara, jadwal operasional ULT berlangsung di hari Senin, Rabu dan Jumat mulai pukul 10.00 Wita hingga 12.00 Wita dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Diakhir sesi, Diyah berharap kehadiran ULT Unhas sebagai unit layanan baru dapat dioptimalkan dengan baik sebagai bagian dari solusi yang dihadirkan Unhas dalam mempermudah proses layanan yang dibutuhkan.

Kegiatan yang dipandu oleh Bunga Sari Iriyanto (Student Volunteer Unhas) diikuti oleh kurang lebih 100 peserta berlangsung lancar hingga pukul 10.30 Wita.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :