Berlangsung Lima Pekan, Diklat Fungsional Penjenjangan Perencana Angkatan XXIV Resmi Ditutup

4 Dec 2020 , admin-02 Akademik

Tangkapan layar para peserta yang mengikuti acara penutupan Diklat Fungsional Penjenjangan Perencanaan (DFPP) Angkatan XXIV, Jumat (04/12).

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Fungsional Penjenjangan Perencanaan (DFPP) Angkatan XXIV yang terselenggara atas kerja sama Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan (P2KP) Universitas Hasanuddin dengan Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) Bappenas yang berlangsung selama lima pekan sejak Jumat (06/11) resmi ditutup. 
 
Acara penutupan berlangsung pukul 10.45 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (04/12).
 
Mengawali kegiatan, Sekretaris P2KP Unhas Dr. Sultan Suhab, SE., M.Si., menjelaskan dalam laporannya bahwa kegiatan yang berlangsung kurang lebih lima minggu telah terlaksana dengan baik. Meskipun ada beberapa kendala yang menghambat para peserta seperti koneksi internet bagi beberapa wilayah yang memilki jaringan tidak stabil, namun hal itu dapat diatasi dengan pendekatan tertentu.
 
Untuk praktek lapangnya sendiri yang memafaatkan konsep daring, para peserta difokuskan pada analisis kasus mengenai pemulihan sosial ekonomi pasca Covid-19 di Makassar. Hal ini bertujuan guna merumuskan dan mengindentifikasi masalah sekaligus mengetahui pemahaman para peserta diklat.
 
"Penilaian cukup baik, pada saat kami melakukan pretest diawal kegiatan, pemahaman para peserta terhadap materi yang diberikan rata-rata 53%. Namun, pada pelaksanaan post test, terjadi peningkatan pemahaman yang signifikan yakni 81.8%," jelas Sultan.
 
Lebih lanjut, Sultan juga menuturkan permohonan maaf jika selama kegiatan berlangsung ada hal-hal yang kurang berkenan. Hal ini tentu akan menjadi catatan penting bagi P2KP untuk memperbaiki kualitas layanan kedepan. 
 
Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Fungsional Pusbindiklatren Bappenas, Rita Miranda, S. Sos., MPA., menyampaikan terima kasih kepada P2KP yang terus menjadi mitra terbaik dan telah teruji selama menjalin proses kerjasama dengan Unhas. Beliau berharap, materi yang diberikan selama diklat berlangsung dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta guna peningkatan mutu layanan ditempat pengabdiang mereka masing-masing.
 
Kegiatan Diklat resmi ditutup oleh Sekretaris Unhas, Prof. Dr. Ir. H. Nasaruddin Salam, MT. Dalam sambutannya, beliau tidak lupa menyampaikan rasa terima kasih kepada Bappenas yang mempercayakan penyelenggaraan kegiatan sebagai upaya meningkatkan sumber daya fungsional perencana. 
 
Prof Nasaruddin juga mengingatkan kepada para peserta untuk terus memotivasi diri dalam hal pengembangan ilmu pengetahuan. Hal ini dilakukan agar informasi dan wawasan yang dimiliki dapat terus bertambah dan bermanfaat untuk diri, organisasi, masyarakat, dan bangsa.
 
Dalam penyelenggaraan Diklat DFPP angkatan XXIV, para peserta memperoleh dua sertifikat, yakni sertifikat lulus diklat dan sertifikat lulus kompetensi sesuai indikator penilaian yang berlaku.
 
Kegiatan penutupan Diklat berlangsung lancar dan hikmat hingga pukul 12.00 Wita.(*/mir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :