Badan Standarisasi Nasional Sosialisasikan Pendidikan Standarisasi di Unhas

19 Jul 2017 , admin00 Kerjasama

Sekretaris Universitas, Dr. Ir. Nasaruddin Salam, MT, menyerahkan cendera mata kepada Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standarisasi Badan Standarisasi Nasional, Ir. Erniningsih (Foto: Humas Unhas)

Standar Nasional Indonesia (SNI) merupakan standar yang ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) yang berlaku di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Standar sendiri merupakan suatu konsep yang berkaitan dengan persyaratan teknis atau sesuatu yang dibakukan termasuk tata cara dan metode yang disusun berdasarkan konsensus semua pihak/Pemerintah/keputusan internasional yang terkait dengan memperhatikan syarat keselamatan, keamanan, kesehatan, lingkungan hidup, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengalaman, serta perkembangan masa kini dan masa depan untuk memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya.
 
Dalam rangka mendorong penerapan standarisasi bagi pendidikan tinggi, BSN melakukan Sosialisasi Pengembangan Pendidikan Standarisasi dan Pemanfaatan E-Learning di Universitas Hasanuddin.  Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat A, Lt. 4 Gedung Rektorat, pada hari Rabu, 19 Juli 2017.  Acara ini dihadiri oleh Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standarisasi Badan Standarisasi Nasional, Ir. Erniningsih.
 
Dalam sambutannya, Ir. Erniningsih mengatakan bahwa perguruan tinggi membutuhkan beberapa standarisasi, baik standarisasi pelayanan publik, pelayanan akademik, maupun aktivitas yang merupakan kegiatan rutin.  Sosialisasi ini merupakan langkah melibatkan perguruan tinggi agar muncul kepedulian terhadap fenomena standarisasi, dengan melibatkan standarisasi dalam proses pendidikan.  Tujuan utama dari pendidikan standarisasi adalah untuk menciptakan para profesional yang mengetahui pentingnya standarisasi, yang dilengkapi dengan pengetahuan agar: (1) para profesional itu memiliki pemahaman yang mendalam industri spesifik yang mereka lakoni; (2) memiliki kompetensi dalam standarisasi internasional; dan (3) kemampuan untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi, pasar, dan lingkungan kebijakan yang bergerak sangat cepat.
 
Sekretaris Universitas Hasanuddin, Dr. Ir. Nasaruddin Salam, MT, menyambut baik sosialisasi ini, dan menilai kegiatan ini sebagai langkah yang sangat penting.  “Awalnya saya mengira bahwa kita akan diberikan materi teknis tentang standarisasi.  Setelah mengikuti kegiatan ini barulah kita sadari bahwa yang dimaksud dengan sosialisasi ini adalah bagaimana agar prinsip-prinsip standarisasi itu dapat masuk pada materi-materi perkuliahan yang beragam,” kata Nasaruddin.
 
Sosialisasi ini diikuti oleh sekitar 40 staf akademik dan dosen dari berbagai unit kerja di lingkungan Universitas Hasanuddin.(*) 

Baca juga :