Apresiasi Prestasi Mahasiswa, Unhas Gelar Education Fair 2018

2 May 2018 , admin00 Akademik

Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA foto bersama pemenang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Unhas 2018 di sela-sela Unhas Education Fair 2018.

Dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional, Universitas Hasanuddin menggelar Unhas Education Fair 2018 (UEF 2018).  Acara yang berlangsung di Gedung Gelanggang Olah Raga Kampus Unhas Tamalanrea ini menampilkan berbagai pertunjukan kesenian, serta diisi dengan pameran berbagai karya inovasi unit kegiatan mahasiswa (UKM) di lingkungan Universitas Hasanuddin.

UEF 2018 merupakan ajang untuk mengapresiasi prestasi-prestasi mahasiswa Unhas selama setahun.  Ketua Panitia UEF 2018, Dr. Rahmat Muhammad, M.Si mengatakan bahwa ajang ini mengambil tema berbasis budaya. “Akan ada beberapa kegiatan yang diselenggarakan. Termasuk diantaranya adalah kita akan menyerahkan penghargaan dan apresiasi kepada mahasiswa berprestasi Unhas, dan lomba kebersihan antar UKM,” kata Rahmat, yang juga merupakan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FISIPOL ini.

Sementara itu, dalam sambutannya mengawali acara, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA mengatakan kebanggaannya dengan prestasi mahasiswa Unhas.  “Saya kira kita semua menyadari bahwa mahasiswa kita dalam beberapa tahun belakangan ini prestasinya semakin meningkat.  Maka kita akan terus meningkatkan prestasi tersebut dengan strategi-strategis dan pendekatan baru,” kata Prof. Dwia yang baru saja dilantik untuk periode kedua sebagai Rektor Unhas pada tanggal 27 April 2018 lalu.

Salah satu strategi yang akan dilakukan adalah dengan melibatkan mahasiswa dalam setiap penelitian dosen.  Jika sebelumnya, dosen-dosen yang melakukan penelitian itu melibatkan mahasiswa berdasarkan kebutuhan saya, maka kedepannya hal itu akan menjadi keharusan. “Saya sampaikan kepada Kepala LPPM, setiap proposal penelitian dosen yang diajukan untuk memperoleh pembiayaan Unhas wajib ada mahasiswa sebagai tim peneliti.  Ini kebijakan yang akan kita tempuh.  Dengan demikian, mahasiswa betul-betul mengetahui iklim riset yang sebenarnya seperti apa, dan ke depan mereka mengetahui hal itu,” kata Prof. Dwia.

Pada rangkaian acara itu, diserahkan pula hadiah pembinaan berupa uang tunai kepada empat orang yang memenangkan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Unhas 2018, yaitu Muhammad Akbar Bahmi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Fathimah Siddiqoh (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Andi Aisyah Alqumairah (Fakultas Kedokteran), dan Muh. Auzan Haq (Fakultas Hukum).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni berharap bahwa apresiasi itu jangan dilihat besarnya, namun dilihat sebagai bentuk penghargaan yang dapat memacu mahasiwa-mahasiswa untuk terus berprestasi.

Unhas Education Fair 2018 direncanakan berlangsung sehari penuh.(*)


Baca juga :