70 Perencana Utusan Bappenas Ikut Pelatihan dan Tes TOEFL di Unhas

26 Nov 2019 , admin-02 Akademik

Suasana di salah satu kelas tempat berlangsungnya ujian tes TOEFL yang diikuti oleh 70 Pegawai Muda Bappenas, berlangsung di UPT Pusat Bahasa Unhas, Selasa (26/11).

Sebanyak 70 Pegawai Muda utusan Bappenas mengikuti Pelatihan dan Tes TOEFL di UPT Pusat Bahasa Universitas Hasanuddin. Kegiatan pelatihan bahasa Inggris sudah berlangsung sejak Senin (11/11)  dan ditutup dengan Tes TOEFL yang dimulai pada pukul 09.00 Wita di ruang kelas UPT Pusat Bahasa Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Selasa (26/11). 
 
Herawaty Abbas selaku Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Bahasa Unhas menjelaskan bahwa 70 Pegawai utusan Bappenas yang mengikuti pelatihan bahasa Inggris sekaligus Tes TOEFL bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan perencana muda tersebut. Selain itu, kegiatan pelatihan dan tes TOEFL juga menjadi tahap persiapan bagi pegawai yang ingin mendaftarkan diri menjadi calon penerima program beasiswa S2 dari Bappenas. 
 
"UPT Pusat Bahasa Unhas disini berperan untuk memfasilitasi tempat dan memberikan pelatihan kepada para peserta utusan Bappenas. Jadi, sebelum mereka ujian, kita berikan dulu beberapa materi awal. Kemudian diakhir kami berikan tes TOEFL. Penilaian hasil pelatihan ini akan menjadi rujukan Bappenas untuk menyeleksi mereka yang layak untuk mendapatkan program beasiswa S2," jelas Herawaty. 
 
Lebih lanjut, Herawaty menjelaskan kegiatan pelatihan ini berlangsung di dua tempat berbeda. Selain Unhas, Universitas Nusa Cendana Kupang juga menjadi lokasi Pelatihan dan Tes TOEFL. Beliau berharap, Unhas terkhusus UPT Pusat Bahasa bisa membantu dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para pegawai muda Bappenas dalam hal bahasa inggris. Sehingga, menghasilkan pegawai pegawai yang fasih dalam berbahasa Inggris. 
 
Para peserta yang mengikuti tes TOEFL sebagai bentuk penilaian akhir dari pelatihan bahasa Inggris terbagi dalam tiga kelas. Hasil tes TOEFL ini nantinya akan diserahkan kembali kepada Bappenas untuk  digunakan sebagai bahan rujukan dalam seleksi pegawai yang berpotensi untuk memperoleh beasiswa program S2 yang sudah dipersiapkan Bappenas ditahun 2020 mendatang.(*)
 
 Editor : Ishaq Rahman

Baca juga :