4.596 Calon Mahasiswa Baru Lulus Melalui Jalur SBMPTN di Universitas Hasanuddin

14 Aug 2020 , admin-02 Akademik

Calon Mahasiswa Baru Wajib Daftar Ulang
 
Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) secara resmi mengumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020, Jum’at (14/8), pukul 16.00 Wita.  
 
Secara nasional, terdapat pendaftaran UTBK-SBMPTN mencapai 702.420 orang.  Dari jumlah tersebut, sebanyak 39.415 diantaranya memilih Universitas Hasanuddin.  Angka ini menembatkan Unhas sebagai perguruan tinggi dengan jumlah peminat pada Jalur SBMPTN terbanyak ke-11 secara nasional.
 
Daya tampung Unhas melalui jalur SBMPTN adalah 4.451 kursi, yang tersebar pada 62 program studi.  Sementara jumlah yang dinyatakan lulus melalui Jalur SBMPTN di Unhas adalah 4.596 orang calon mahasiswa baru.  Dengan demikian, tingkat keketatan Jalur SBMPTN di Unhas mencapai 11,67%.
 
Jumlah yang lulus SBMPTN 2020 di Unhas mengalami penambahan dari kuota awal. Hal ini disebabkan ada peserta yang dinyatakan lulus melalui Jalur SNMPTN atau Jalur Undangan yang tidak mendaftar ulang.  Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, berbagai PTN termasuk Unhas menggeser daya tampung yang tidak terpenuhi pada SNMPTN menjadi daya tampung tambahan pada SBMPTN.
 
Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, Ph.D menjelaskan bahwa calon mahasiswa baru yang lulus melalui Jalur SBMPTN di Unhas berasal dari seluruh Indonesia. Meskipun masih di dominasi oleh calon mahasiswa dari Sulawesi Selatan dan Kawasan Timur Indonesia, namun profil asal SMA calon mahasiswa cukup bervariasi.
 
“Dari data, kita lihat sebaran calon mahasiswa baru yang lulus melalui SBMPTN ini berasal dari Sumatera hingga Papua. Ini menunjukkan keberagaman mahasiswa Unhas, yang merupakan miniatur Indonesia,” kata Suharman.
 
Tahap selanjutnya adalah bagi calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus wajib melakukan proses daftar ulang.  Proses ini sangat penting, untuk sangat penting untuk memastikan status calon mahasiswa menjadi mahasiswa di Unhas.
 
“Kami perlu menegaskan bahwa kelulusan SBMPTN menempatkan seseorang menjadi calon mahasiswa. Untuk menjadi mahasiswa, harus melakukan registrasi ulang, melalui portal yang telah disiapkan dengan melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan,” kata Suharman.
 
Prosedur registrasi ulang bagi calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus melalui SBMPTN dilakukan melalui portal http://regpmb.unhas.ac.id (memilih menu “Informasi Pendaftaran” lalu “Jenjang S1”).
 
Jadwal registrasi ulang mulai tanggal 17 s.d. 21 Agustus 2020.  Calon mahasiswa diminta untuk mengikuti prosedur dan tahapan yang tertera pada portal tersebut.(*/ir)
 
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Baca juga :