Beranda    Unhas    Berita    Perpustakaan    SIM    Kontak Kami.
Berita

Pelatihan SIM bagi dosen Fakultas Peternakan Unhas

Unhas, 6 Februari 2011
 
 Pelatihan SIM bagi dosen Fakultas Peternakan Unhas Implementasi Sistem Informasi Manajemen Universitas Hasanuddin (SIM-UNHAS) telah mulai disosialisasikan pada semester Akhir 2010/2011. SIM-UNHAS merupakan salah produk dari kegiatan I-MHERE B.2a, kegiatan yang disponsosri oleh Bank Dunia sejak tahun 2007. Salah satu modul SIM yang mulai diperkenalkan kepada mahasiswa adalah pendaftaran KRS secara online. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara bertahap dan mulai diujicoba semester akhir 2010/2011. Bagi mahasiswa yang data basenya sudah tersedia di sistem, mereka sudah dapat melakukan registrasin KRS Online dan bagi yg belum ada datanya, dapat melakukan registrasi secara manual. Harapannya, untuk pendafataran KRS semester awal 2011/2012, seluruh mahasiswa Unhas sudah melakukan pendaftaran KRS secara online menggunakan SIM-UNHAS. Untuk pendaftaran KRS online saat ini, mahasiswa tetap melakukan konsultasi face to face dengan dosen PA, hasil kesepakatan dengan PA mengenai jumlah sks dan MK yang akan diikuti semester akhir 2010-2011 itulah yang diinput oleh masing-masing mahasiswa ke dalam sistem. Selanjutnya KRS tersebut akan disetujui oleh PA atau Jurusan juga secara online.

Berkaitan dengan implementasi SIM tsb, sebanyak kurang lebih 35 orang staf Fakultas Peternakan Unhas yang berasal dari 4 prodi di fakultas tersebut, mengikuti kegiatan pelatihan di PTIK pada hari Selasa, 25 Januari 2010. Pelatihan difasilitasi oleh Tim Pendamping Implementasi SIM Unhas. Acara pelatihan secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan I Fakultas Peternakan. Dalam sambutan singkatnya dikatakan bahwa jika seluruh kebutuhan data SIM-UNHAS dapat disiapkan dengan baik dan benar, maka sistem ini akan sangat membantu manajemen dalam pengambilan keputusan atau dikenal sebagai decision support system. Agar hal itu dapat tercapai, maka keterlibatan semua pihak pada sistem sesuai tupoksi masing-masing, mutlak dibutuhkan . SIM-UNHAS, khususnya untuk bidang akademik, hanya dapat dimanfaatkan secara maksimal jika dosen, mahasiswa, staf akademik jurusan/fakultas berpartisipasi secara aktif. Titik berat materi pelatihan yang dipandu oleh Yusring S Baso, Syamsu Arif, Fardin, Triyatni, dan anggota tim lainnya adalah bagaimana dosen memainkan perannya sebagai penasehat akademik yang baik. Dengan sistem ini, seorang PA dengan mudah dapat memonitroing perkembangan studi mahasiswa anak bimbingannya sejak mahasiswa tersebut masuk universitas hingga tamat. Disamping itu, para dosen juga diberikan materi tentang cara menginput bahan kuliah ke dalam sistem. Dosen juga dilatih bagaimana menginput nilai semester setelah ujian. Prinsip dasar dari SIM adalah data harus diinput oleh pihak atau orang yang paling bertanggung jawab terhadap data tersebut. Kegiatan yang sama akan dilaksanakan bagi dosen-dosen dari Prodi lainnya di lingkungan Universitas Hasanuddin.


 
 Berita Lain...
 
Ajang Kompetisi Penulisan Proposal Pekan Kreativitas Mahasiswa
Wisuda Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Unhas Periode II Desember 2011
AKHMAD YUSUF, Lulusan Terbaik Fakultas Peternakan Unhas
Wisuda Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Unhas Periode Juni 2011
Seminar sehari: Cara SMART menuju SUKSES
Wisuda Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan unhas periode maret 2011
ANDI PURNAMA, Lulusan Terbaik Fakultas Peternakan Unhas 2010/2011
Dua Guru Besar Fakultas Peternakan menyampaikan orasi dalam Upacara Penerimaan Jabatan Guru Besar pada hari Selasa (8/3).
Dua orang Guru Besar Fakultas Peternakan Menyampaikan Orasi Penerimaan Jabatan Guru Besar

 Copyright © 2010-2012, Universitas Hasanuddin
 e-mail: lantai6@unhas.ac.id