Visi dan Misi
VISI

UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin adalah parner strategic Universitas Hasanuddin dalam rangka mewujudkan masyarakat ilmuan yang cerdas, terampil dan berkeperibadian luhur melalui ketersediaan informasi dan sarana pendukung akses informasi berbasis teknologi.

Misi

1. 1. Mendukung terwujudnya visi Universitas Hasanuddin menjadi universitas kelas dunia berbasis dunia maritim

2. 2. Menjadi pusat informasi ilmiah bagi civitas akademik Universitas Hasanuddin, dan masyarakat pada umumnya

3. 3. Mengadakan, mengelola dan menyediakan sumber-sumber informasi terkait dengan bidang-bidang studi yang ada di universitas, berupa bahan cetak dan non cetak yang berkualitas standar untuk mendukung proses pembelajaran di universitas.

4. 4. Menyediakan sarana dan prasarana yang berkualitas standar untuk akses informasi seluas-luasnya untuk mendukung terselenggaranya tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) dengan sebaik-baiknya.

Tujuan

  1. Menyediakan berbagai sumber informasi terbaru, tercetak maupun elektronik, yang berorientasi pada kebutuhan pemakai dengan memperhitungkan segi kualitas dan kuantitas guna mendukung metode pembelajaran berbasis SCL serta mewujudkan visi misi Universitas Hasanuddin menjadi universitas kelas dunia berbasis dunia maritim.
  2. Menjalin kerjasama antar perpustakaan di bidang pengelolaan dan penyediaan berbagai sumber informasi untuk memperkuat koleksi perpustakaan Universitas Hasanuddin sebagai pusat informasi ilmiah bagi civitas akademika.
  3. Mengembangkan dan berpartisipasi secara aktif dalam jaingan kerjasama dengan perpustakaan Universitas lain, lembaga dan pusat dokumnetasi baik lokal, nasionall maupun internasional.
  4. Mengembangkan efisiensi sistem kerja operasional perpustakaan berupa digitasi pengelolaan, temu balik balik informasi dan pemeliharaan basis data Teknologi Informasi seperti akuisisi koleksi , sirkulasi, referensi dan repositori.
  5. Menyelenggarakan pendidikan pemakai perpustakaan.