Back to homepage

Visi, Misi & Tujuan



Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Hasanuddin

 (2016-2020)

Visi

Menjadi program studi terkemuka di Indonesia dalam pengembangan ilmu dan tata kelola pemerintahan berbasis benua maritim melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

 

Misi

1.  Menyelenggarakan proses pendidikan yang relevan dengan penyelenggaraan pemerintahan kontemporer.

2.  Menumbuhkembangkan riset dan pengkajian berbagai fenomena penyelenggaraan tata kelola pemerintahan dan pembangunan benua maritim.

3.  Melakukan pemberdayaan pada masyarakat dalam bentuk pelatihan, pendampingan, kuliah kerja, penyuluhan, dan dalam bentuk lainnya yang relevan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan benua maritim.   

 

Tujuan Program Studi

Program Studi Ilmu Pemerintahan bertujuan menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran disiplin Ilmu Pemerintahan serta kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan sarjana yang memiliki kompetensi akademik dan praktis pemerintahan. Tujuan khusus penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran meliputi:

1.  Dihasilkannya lulusan yang memiliki kompetensi teoretis dan praktis di bidang pemerintahan.

2.  Dihasilkannya output dari pengkajian dan penelitian di bidang pemerintahan  yang mampu memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu dan tata kelola pemerintahan dan pembangunan benua maritim. 

3.  Dihasilkannya kontribusi positif berupa desain kebijakan kepada pemerintah dan masyarakat dalam penyelesaian masalah yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan, serta membangun lingkungan kondusif yang mendukung proses pembangunan benua maritim.