Back to homepage

Tentang Kami



Latar Belakang

                Ilmu Pemerintahan sebagai bagian dari ilmu-ilmu social, mempelajari manusia dan hubungannya dengan lingkungannya. Di dalam mempelajari ilmu ini akan sangat relevan bagi target pembelajar untuk dapat dimotivasi selalu berhubungan dengan lingkungan terdekatnya dan menggunakan pengetahuan , keterampilan dan proses berpikir serta nilai yang akan dipelajari. Target pembelajar Ilmu Pemerintahan adalah untuk mengembangkan hubungan antara diri pembelajar dengan masyarakat, budaya dan lingkungan, serta untuk melakukan aktivitas secara personal relevan dan berarti bagi dirinya. Dengan mencoba menggunakan konsep ilmu pemerintahan yang mereka kembangkan, target pembelajar akan mampu mempelajari dan mengklarifikasi nilai, permasalahan, pertanyaan dan penelitian mengenai dunia dan lingkungannya, mengembangkan penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan saat berinteraksi dengan lingkungannya. Pembelajar Ilmu Pemerintahan diharapkan mampu menjadi manusia yang kompeten untuk dapat berperan sebagai manusia yang mampu melakukan pencerahan terhadap lingkungan sosial secara umum dan lingkungan pemerintahan secara khusus.Disamping itu Ilmu Pemerintahan juga akan memberikan pemahaman dasar mengenai penyebab permasalahan, dan sekaligus memberikan pemahaman khusus mengenai aspek-aspek pemerintahan. Selain itu, juga bertujuan untuk membantu pembelajar untuk melakukan pencerahan sosial yang juga mampu untuk mengembangkan diri menjadi manusia yang rasional, humanis dan produktif di dalam perannya Dalam pengembangan ilmu pemerintahan, pembelajar harus diajak untuk dapat mengorganisasikan pengetahuan mengenai suatu konsep, generalisasi dan teori..

Sejarah Singkat

Berdasarkan Keputusan Presiden RI No.68 Tahun 1983, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin kembali menjadi fakultas yang berdiri sendiri, setelah bergabung dengan Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Sastra dalam satu fakultas, yaitu FISBUD. Jurusan-jurusan yang dibina pada saat itu adalah Ilmu Administrasi, Sosiologi dan Politik/Pemerintahan. Dan perkembangan selanjutnya bertambah lagi dengan diintegrasikannya Jurusan Antropologi dari Fakultas Sastra ke Fisip, dan jurusan MKDU yang selanjutnya dikelola pada tingkat universitas. Hingga saat ini Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari 5 jurusan yaitu Jurusan Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan, Jurusan Ilmu Administrasi, Jurusan Ilmu Komunikasi, Jurusan Sosiologi, dan Jurusan Antropologi.

Program studi Ilmu Pemerintahan merupakan salah satu program studi di bawah Jurusan Ilmu Politik/Pemerintahan. Program Studi Ilmu Pemerintahan sebagai salah satu program di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin saat ini terus membenahi diri. Hal ini dilakukan untuk merespon terjadinya perubahan dalam berbagai aspek pembangunan, terutama terhadap penyelenggaraan otonomi daerah yang permasalahannya semakin kompleks. 

Dinamika masyarakat yang semakin maju dan kritis menimbulkan perubahan yang signifikan diberbagai bidang termasuk dalam bidang politik dan pemerintahan. Akibat perkembangan ini Program Study Ilmu Pemerintahan mendapat tantangan yang besar, sehingga tidak ada pilihan lain kecuali berbenah diri terutama dalam hal yang berkaitan dengan perbaikan kurikulum, peningkatan kualitas staf pengajar maupun mahasiswa. Perkembangan Program Studi Ilmu Pemerintahan terutama dari kualitas alumni dengan yang dibutuhkan pasar kerja menunjukkan masih sangat rendah. Proses belajar mengajar belum cukup memadai untuk menunjang peningkatan kualitas sumber daya yang ada. Berdasar pada kenyataan seperti ini, tentu saja lembaga pendidikan, khususnya Program Studi Ilmu Pemerintahan yang diharapkan menghasilkan sarjana-sarjana handal harus segera merespons tuntutan perubahan tersebut. Jika tuntutan tersebut tidak segera disikapi maka dapat dipastikan luaran yang akan dihasilkan sulit bersaing di tingkat pasar kerja baik yang bersifat lokal, nasional, regional maupun internasional.

Guna memenuhi tuntutan tersebut, Jurusan Ilmu Politik Pemerintahan khususnya Program Studi Ilmu Pemerintahan berupaya membangun satu arah pengembangan jurusan yang berorientasi pada upaya menghasilkan luaran yangmemiliki kompetensi kemampuan pengetahuan dan keterampilan di bidangnya, baik dalam bidang penelitian maupun pengabdian pada masyarakat khususnya yang berkaitan dengan aplikasi Ilmu Pemeritahan sebagai ilmu terapan.

 

Selain itu untuk mencapai arah pengembangan jurusan, maka perlu peningkatan mutu manajemen internal dan organisasi program studi dengan membangun sistem kurikulum berbasis kompetensi, sistem prosedur operasi akademik yang baku serta sistem manajemen administrasi yang handal dalam menunjang terciptanya proses belajar mengajar yang kondusif. Hal itu hanya akan terwujud apabila didukung oleh staf pengajar, staf administrasi dan mahasiswa yang berpikiran maju dan memiliki tingkat kemandirian yang tinggi.