Sejarah Singkat

Perpustakaan Universitas Hasanuddin mulai dibentuk sebagai suatu Perpustakaan Fakultas di bawah naungan Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (yang pertama dibuka 3 Juli 1947 dan yang kedua dibuka 4 Oktober 1953). Kedua Fakultas tersebut merupakan cabang dari Universitas Indonesia. Ketika Fakultas Kedokteran Makassar dibuka 28 Januari 1956, maka ketiga fakultas ini akhirnya menjadi embrio Universitas Hasanuddin.

Terbitnya PP No. 23 Tahun 1956 tanggal 10 September 1956 menjadi tonggak sejarah berdirinya Universitas Hasanuddin dan membawa pengaruh kepada status pengelolaan Perpustakaan yang sebelumnya dikelola Fakultas menjadi di bawah pengelolaan Universitas Hasanuddin. Hal ini dilakukan sebagai realisasi Keputusan Rektor UNHAS (ketika itu disebut Presiden) No. 619/UP-UH/60 tgl. 13 April 1960 dan dengan dasar itu diangkat Direktur Perpustakaan yang pertama yaitu Drs. Miendrowo Prawirodjumeno. Nama resmi Perpustakaan adalah Perpustakaan Pusat. Nama ini berlaku hingga dikeuarkannya Keputusan Mendikbud R.I. No. 0154/G/1983 yang mengubahnya menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Hasanuddin.

Suasana Ruang Baca. Foto: Arsip UPT Perpustakaan.

Gedung Perpustakaan

Gedung UPT Perpustakaan berada di tengah-tengah kampus Tamalanrea berdampingan dengan gedung rektorat Universitas Hasanuddin. Gedung terdiri atas 4 lantai dengan luas seluruhnya 14.420 m.

Jumlah dan Jenis Koleksi

Jumlah koleksi UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin saat ini berkisar 516.000 volume, yang meliputi bahan buku, skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian, majalah, publikasi elektronik dan bahan Audio Visual. Penataan koleksi dirancang sedemikian rupa agar mudah diakses langsung oleh pemakai. Dengan dasar pemikiran ini koleksi dibagi berdasarkan pertimbangan pemanfaatan dan kepentingan pemakai sbb :
  1. Koleksi Umum (koleksi yang dipinjamkan)
  2. Koleksi Referensi dan Buku Tandon
  3. Koleksi Karya Ilmiah Unhas dan Digitalisasi Koleksi Kajian-Kajian: Kajian Pasifik, Kelautan, Wanita, World Bank Publication & Books for Asia
  4. Koleksi Sulawesiana
  5. Koleksi Corner : American, French Corner, Germany, Korea-Indonesia Cultural Corner dan Mandiri Corner
  6. Koleksi e-Book dan e-Journal

Jenis Layanan

Layanan Bahan Pustaka

Perpustakaan menyediakan bahan perpustakaan untuk dibaca di ruang baca atau dipinjam ke rumah. Peminjaman untuk dibawa pulang hanya diperkenankan bagi civitas akademika Unhas yang telah terdaftar sebagai anggota

Penelusuran Informasi Lintas Perpustakaan

Pelayanan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna terhadap informasi dalam bentuk kemasan informasi terseleksi. Bagi peneliti atau pengguna informasi dapat menggunakan jasa pustakawan pada bagian Humas & PPII UPT Perpustakaan.

Koleksi Digital Karya Ilmiah Unhas

UPT Perpustakaan memiliki sejumlah koleksi karya ilmiah (skripsi, tesis, disertasi dan laporan penelitian) dalam bentuk digital (pdf) yang memuat data bibliografi, abstrak dan full-text. Bahan ini bisa dimanfaatkan melalui web perpustakaan (www.unhas.ac.id/perpustakaan)

Layanan e-Book dan electronic Journal

Layanan buku elektronik dan jurnal elektronik secara online dimaksudkan untuk memfasilitasi pengguna informasi mengakses berbagai artikel ilmiah terbaru dalam berbagai disiplin ilmu melalui database Proquest, Infotrac, Ebscohost serta ebook melalui http://site.ebrary.com/lib/unhas/home. action.

Layanan Fotocopy

 Bagi pengguna yang tidak ingin membawa buku pulang, disediakan fasilitas fotokopi. Fasilitas ini juga disediakan bagi pengunjung yang tidak diberi hak untuk meminjam dan bagi bahan referensi.

Layanan Konsultasi

 Pelayanan konsultasi ini diberikan bagi masysarakat umum atau pengelola perpustakaan yang berkepentingan dengan masalah-masalah kepustakawanan atau ingin mengembangkan perpustakaan.

Layanan Magang

 UPT Perpustakaan membuka kesempatan bagi tenaga/staf dari instansi dan organisasi yang ingin mendapatkan keterampilan teknis dalam pengelolaan perpustakaan (dalam bentuk magang).

Layanan Pendidikan & Pelatihan

 UPT Perpustakaan melayani permintaan tenaga pengajar atau instruktur bagi lembaga atau organisasi yang ingin melakukan penataran atau sejenisnya di bidang perpustakaan, dokumentasi dan informasi.

 

Baca selengkapnya

Alamat URL : http://unhas.ac.id/perpustakaan

 

 

Unit Pelaksana Teknis Mata Kuliah Umum (UPT MKU) merupakan suatu unit kerja bidang akademik non-struktural yang bertanggung jawab langsung ke Rektor. Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Hasanuddin No: 81/J04.1/0/2004 tentang Pengintegrasian Program Tahun Pertama Bersama (Program TPB) ke dalam UPT MKU, maka UPT MKU terdiri dari dua bidang teknis masing-masing Bidang Ilmu Alamiah Dasar serta Bidang Ilmu Sosial dan Humaniora.

Bidang Ilmu Alamiah Dasar bertanggung jawab untuk menghantarkan mahasiswa memiliki pola pikir ilmiah yang kritis, logis, rasional, sistimatis dan berwawasan luas dalam menelaah fenomena alam dengan mengadakan pengelolaan pembelajaran Basic Science pada mahasiswa fakultas eksakta. Sedangkan Bidang MPK,MBB bertanggung jawab terhadap pengembangan kemampuan mahasiswa agar dapat mewujudkan nilai dasar agama dan kebudayaan serta kesadaran berbangsa dan bernegara dalam menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang dikuasainya dengan rasa tanggung jawab kemanusiaan. Mata Kuliah Bidang MPK,MBB wajib diprogramkan oleh seluruh mahasiswa Indonesia dengan bobot 2/3 SKS setiap mata kuliah.

Bidang IAD menyajikan Matakuliah Keahlian dan Keterampilan (MKK) yang terdiri dari: Fisika Dasar, Kimia Dasar, Matematika Dasar dan Biologi Dasar. Sedangkan Bidang MPK.MBB menyajikan Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) yaitu Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dan Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) yang meliputi Wawasan Sosial Budaya Bahari, Wawasan IPTEKS.

info detail:

http://www.unhas.ac.id/mku/en/

Under Construction

Layanan UPT Pusat Bahasa Unhas

UPT Pusat Bahasa terbuka untuk umum
 
Layanan yang tersedia di UPT Bahasa:
 
Foreign Language Courses (Kursus Bahasa Asing)
Meningkatkan kemampuan bahasa, termasuk Bahasa Inggris, Perancis, Korea, Jepang, dan Arab. Program Bahasa Asing memasukkan materi tata bahasa, fungsi bahasa, kosakata, idiom, pengucapan, intonasi dalam listening, speaking, reading, dan writing. Kursus terbagi dalam tiga level, yakni Basic, Intermediate, dan Advance.
 
English for Non Academic Staff
Pusat Bahasa Unhas juga menyediakan pelayanan Bahasa Inggris untuk staf non akademik yang didesain untuk penggunaan sehari-hari, misalnya untuk saluran percakapan telepon atau penerimaan tamu asing. 
 
Intensive TOEFL and IELTS Preparation
TOEFL dan IELTS diakui sebagai Ujian Kemampuan Bahasa Inggris secara internasional. Mereka secara khusus dibutuhkan untuk penerimaan mahasiswa asing sebagai .... Di UPT Pusat Bahasa, kami merancang program yang dibuat khusus untuk menyukseskan kemampuan seseorang meningkatkan skor tes.    
 
English for Specific Purpose
Meningkatkan komunikasi dalam berbahasa Inggris untuk tujuan keprofesionalan, contohnya untuk ilmu kedokteran, pariwisata, bisnis, dsb.
 
Writing
Meningkatkan kemampuan menulis dalam berbagai jenis tulisan dalam Bahasa Inggris, mulai dari korespondensi bisnis hingga artikel akademik.
 
Reading Group
Program ini ditujuakan untuk mereka yang ingin mengembangkan kemampuan Reading Comprehension, sebagai apresiasi mereka terhadap literatur.
 
Presentation Skills
Meningkatkan kepercayaan diri ketika memberikan persentasi dalam bahasa asing. Program ini akan memperkaya kemampuan berpidato di depan umum.
 
Bussiness English
Untuk kemampuan komunikasi dengan relasi untuk memaksimalkan laba perusahaan.
 
Language and Culture of South Sulawesi 
Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja.
 
Translation and Editing
Pusat Bahasa Unhas membimbing penerjemahan dalam berbagai bahasa, termasuk Bahasa Inggris, Perancis, Jepang, dan Arab, sebagai dokumen penelitian (artikel ilmiah, jurnal, transkrip, sertifikat, akta notaris, dan publikasi lainnya).
 
ITP TOEFL Test
Pusat Bahasa Unhas penyelenggara tes TOEFL ITP yang bekerjasama dengan IIEF Jakarta.
 
Bahasa Indonesia for Non-Native Speakers of Indonesia

Layanan dan Fasilitas

  • Kursus Bahasa Inggris dan bahasa lain (Perancis, Jepang, dan Arab).

 

Website : pusatbahasa.unhas.ac.id

 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang muncul dari konsep atas kesadaran mahasiswa sebagai calon sarjana untuk dapat memanfaatkan sebagian waktu belajarnya disamping di ruang kuliah dan perpustakaan. juga dapat bekerja menyumbangkan pengetahuan dan iimu yang telah diperolehnya secara langsung dalam membantu memecahkan dan melaksanakan pembangunan di dalam kehidupan masyarakat. Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang muncul dari konsep atas kesadaran mahasiswa sebagai calon sarjana untuk dapat memanfaatkan sebagian waktu belajarnya disamping di ruang kuliah dan perpustakaan. juga dapat bekerja menyumbangkan pengetahuan dan iimu yang telah diperolehnya secara langsung dalam membantu memecahkan dan melaksanakan pembangunan di dalam kehidupan masyarakat.

Dari berbagai pengalaman menunjukkan bahwa peranan mahasiswa dalam berbagai kegiatan telah nemberikan bukti-bukti serta memperkaya akan arti dan peran mahasiswa sebagai tenaga kerja terdidik didalam berbagai aspek kegiatan pembangunan. Tiga Perguruan Tinggi pada tahun 1971, yaitu Universitas Gajah Mada iUGM), Universitas Hasanuddin (Unhas), dan Universitas Andalas (Unand), pada awalnya melaksanakan kegiatan yang merupakan proyek perintis yang dikenal dengan narna “Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat”. Makna dan arti penting yang terkandung dan kegiatan tersebut semakin dipertegas setelah Presiden RI pada acara Dies Natalis UGM bulan Februari 1971 menyatakan antara lain,”…agar setiap mahasiswa belajar di Desa dalam jangka waktu tertentu. tinggal dan bekerja membantu masyarakat pedesaan. memecahkan persoalan pembangunan sebagai bahan dari kurikulumnya“.

Dirjen Pendidikan Tmggi akhimya berkesimpulan untuk mengembangkan suatu kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa di perguruan tinggi secara nasional, dengan melaksanakan Seminar Nasional di Yogyakarta pada tanggal 17-18 Nopember 1972 yang membahas Proyek Perintis “Pengabdian Kepada Masyarakat” yang diikuti oleh 13 Perguruan Tinggi dari 3 Universitas Perintis ditambah dengan 10 perguruan tinggi diikutkan pada tahun akademik 1973/1974, dan disepakati kegiatan tersebut diberi nama Kuliah Kerja Nyata”. Dengan demikian pertama kalinya program KKN dilaksanakan pada tahun akademik 1973/1974 oleh 13 Perguruan Tinggi, kemudian tahun 1974/1975 diperluas menjadi 15 perguruan tinggi. tahun 1975/1976 menjadi 29 perguruan tinggi. Sejak tahun 1976/1977 semua Perguruan Tinggi Negeri dan sebagian besar perguruan tinggi swasta telah menyelenggarakan KKN.

Pengalaman, pemikiran, dan berbagai informasi yang ada, maupun berbagai hasil evaluasi yang selalu diadakan terhadap pelaksanaan KKN di Perguruan Tinggi Negeri. secara ilmiah mengungkapkan bahwa KKN rnemberikan manfaat dalam proses belajar baik bagi mahasiswa maupun masyarakat di dalam menangani dan memecahkan masalah-masalah pembangunan kemasyarakatan Karena itu. KKN sebagai bagian dari kegiatan fctrakurikuler bagi mahasiswa program SI, yang pada hakekatnya merupakan Program Pendidikan Tinggi di Indonesia yang didasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang dasar 1945 yang dilaksanakan dalam benrnk pengintegrasian antara kegiatan-kegiatan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian. serta Pengabdian kepada Masyarakat secara interdisipliner.

Universitas Hasanuddin sebagai salah satu perintis pelaksana KKN yang dimulai pada tahun ikademik 1973/1974 sampai dengan tahun ajaran 2007/2008 telah melaksanakan kegiatan KKN Reguler (Umum) sampai pada Gelombang 75, KKN Antara 2003 / 2004 / 2005 / 2006 / 2007 / 2008, KKN Profesi: Profesi Kesehaan Teknik Hukum / Sastra / Pertanian / Peternakan / Agro Kompleks / Ekonomi / Kahutanan / Ml PA (Kuliah Kerja Nyata Terapan Sains – KKTS), sedangkan pelaksanaan program Kuliah Ketja Nyata (KKN) Keimtraan telah dilaksanakan Kemitraan dengan Forum Rektor Indonesia dalam bentuk KKN Pemantau Pemii. 1999 2003 / 2004 / 2009, dan kerjasama dengan Kementerian Kesra berupa KKN Pemantauan Program Peogurangan Konpensasi Pengurangan Subsidi Bahan BakarMinyak (PKPS BBM) tahun 2003.

Meskipun pelaksanaannya dengan segala kekurangan dan kelemahan dalam pengelolaan dm pengembangannya diperlukan suatu pemikiran untuk mengikuti derap langkah perkembangan vang semal«zn dinamis untuk peningkatan sumberdaya manusia baik bagi mahasiswa maupun bagi masyaraka: dalam pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya alam dan sumberdaya manusia.

Ada empat program KKN yang dikembangkan oleh Unhas, yakni:

  • Program KKN Internasional
    • Jepang:Program SUIJI (Six University Inisiative Japan) oleh 6 perguruan tinggi: Ehime University, Kochi dan Kagawa University, UNHAS, IPB DAN UGM
    • Malaysia
  • Program KKN Regular
  • Program KKN Kebangsaan
  • Program KKN Tematik
    • Miangas
    • Sebatik
    • Padang
    • Gorontalo