Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional dan Launching KKN Tematik Kebencanaan 2019

Salah satu inovasi P2KKN Universitas Hasanuddin (Unhas) pada tahun 2019 ini adalah memprakarsai dan melaksanakan KKN Tematik Kebencanaan. Sebagai awal Unhas dipercaya sebagai tuan  rumah penyelenggaraan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Nasional yang diperingati setiap tanggal 26 April. Peringatan HKB Nasional tersebut dirangkaikan dengan peluncuran KKN Tematik kebencanaan yang dipusatkan  di Gedung Baruga A. P. Pettarani Universitas Hasanuddin, Jumat (29/04/2019).

Acara ini dihadiri oleh Dirjen Belmawa Kemenristekdikti, Prof. Dr. Ismunandar, Kepala Badan Pananggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Selatan, Syamsibar, Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Pimpinan Perguruan Tinggi se-Kota Makassar, dan ribuan mahasiswa dari berbagai kampus se-Kota Makassar.

Dalam sambutannya menjelang peresmian KKN Kebencanaan Unhas, Dirjen Belmawa, Prof. Ismunandar, menceritakan pengalaman dirinya yang merupakan salah satu survivor (orang yang selamat) dari bencana gempa dan tsunami dahsyat yang menerjang Aceh tahun 2004 lalu.

“Tanggal 26 Desember 2004, ketika gempa dan tsunami menerjang Aceh, saya berada di sana. Saya baru selesai memberikan kuliah umum. Begitu getaran gempa terjadi, saya yang sedang berada di lantai atas hotel segera lari menuruni tangga. Belakangan saya ketahui, itu tindakan yang sangat salah. Dimana saja, anak tangga adalah bagian bangunan paling rapuh. Saya betul bersyukur dapat selamat dari bencana tersebut,” kata Prof Ismunandar.

Kepala BPBD Sulsel, Syamsibar, mengatakan bahwa Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional dimaksudkan untuk mengingatkan kembali betapa pentingnya siap siaga akan bencana yang ada. Pentingnya pendidikan dan latihan yang rutin dapat mengurangi resiko bencana. Melalui pembelajaran kebencanaan yang diselenggarakan bersamaan dengan peluncuran KKN Universitas Hasanuddin ini juga dimaksudkan agar mahasiswa dapat menyalurkan kesiapsiagaan kepada masyarakat di lapangan.

Kepala P2KKN Unhas, Muhammad Kurnia, Ph.D. menegaskan, “KKN Tematik Kebencanaan ini akan menjadi program utama dan berkesinambungan yang akan dilaksanakan P2KKN Unhas. Program ini bertujuan untuk membangun kesadaran sosial masyarakat akan pentingnya pengetahuan tentang mitigasi bencana”.

Acara peringatan HKB tersebut dihadiri oleh sekitar 3600 mahasiswa KKN Unhas, dan juga beberapa mahasiswa dari universitas lain yang ada di Makassar.