Unhas Tandatangani MOU dengan Provinsi Gorontalo

18 Jun 2016 , oleh Ahmad Bahar

Wagub Provinsi Gorontalo Dr. Idris Rahim, MM menyerahkan cenderamata kepada Rektor Unhas Prof.Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA seusai Penandatanganan MOU

Universitas Hasanuddin bersepakat melakukan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo di Gedung Pascasarjana Unhas, Jumat (17/6).  Penandatangan kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat tersebut dilakukan langsung oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA dengan Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo Dr. Idris Rahim, MM yang disaksikan Sekda Prov. Gorontalo Prof.Dr.Ir. Winarni Monoarfa, MS dan Wakil Rektor IV Prof. dr. Budu, PhD.

Wagub Gorontalo dalam sambutannya menyampaikan keinginannya bekerjasama dengan Unhas karena daerahnya ingin berkembang dan maju sejajar dengan provinsi lainnya. “Provinsi Gorontalo termasuk provinsi yang masih muda dan baru mulai berkembang, tentu harus mengejar ketertinggalannya agar bisa sejajar dengan provinsi lainnya,” kata Idris.  Salah satu masalah yang dihadapi provinsi yang baru terbentuk, lanjut Wagub, adalah masih rendahnya sumberdaya manusia yang dimiliki. “Untuk itu, tidak ada cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi yang sudah maju seperti Unhas ini,” ujar Idris.

Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA dalam sambutannya menyampaikan jika penandatanganan kerja sama ini untuk lebih mengukuhkan saja. “Sudah ada beberapa fakultas kita yang telah menjalin hubungan dengan baik dengan Pemda Prov. Gorontalo, seperti Fakultas Kedokteran dan FKM dengan Universitas Negeri Gorontalo, FIKP unhas dengan DKP dan Bappeda yang mengerjakan beberapa kegiatan di pesisir Gorontalo, Training aparat di PSKMP, dan kerjasama di bidang pertanian serta Pusat Studi Lingkungan Hidup,” papar Dwia. Namun demikian, dengan adanya kerjasama ini, perlu dirintis kerjasama lainnya yang baru.

Hadir dalam acara ini, sejumlah pimpinan instansi Prov. Gorontalo, DPRD, dan staf ahli daerah,  LSM, serta sejumlah pengurus KKIG di Makassar. Dari Unhas hadir Dekan Sekolah Pascasarjana, sejumlah dekan dan Mantan Rektor Prof. dr Indrus A. Paturusi. Kerjasama Unhas dengan Provinsi Gorontalo ini nantinya akan dikukuhkan dengan hadirnya Taman Gorontalo di lingkungan Kampus Unhas. 

Read also :