Unhas-Perancis Perluas Kerja Sama

12 Apr 2016 , humas01 Kerjasama

Rektor Unhas Dwia Aries Tina Pulubuhu ketika menghadiri Joint Working Group (JWG) di Perancis, pekan lalu. (Foto: Istimewa)

Universitas Hasanuddin ikut berpartisipasi pada acara Joint Working Group (JWG) ke-8 di bidang Pendidikan Tinggi dan Riset yang diadakan di Universitas La Rochelle Perancis, beberapa hari lalu. JWG merupakan pertemuan tahunan antara Universitas di Indonesia dan Universitas di Perancis yang tempat pelaksanaannya secara bergilir di dua negara tersebut. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Dirjen Penguatan Inovasi Dr. Jumain Appe, MSc. JWG ke-8 ini dibuka oleh HE Ambassador Fauzi Soelaiman, Duta Besar/Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO.

Pada JWG kali ini diikuti oleh 105 institusi Perancis dan Indonesia, yang  membahas 7 isu utama yaitu Lingkungan; Ilmu dan Teknologi Kelautan; Teknik dan Energi Terbarukan; Teknologi Informasi dan Teknologi Pendidikan; Hukum, Ekonomi dan Managemen; Ilmu Sosial, Kemanusiaan, Bahasa dan Wisata; dan Ilmu Kesehatan, Keamanan dan Keselamatan Makanan.

Unhas terlibat secara aktif sejak JWG ini diadakan. Pada JWG VIII ini pula Unhas terlibat aktif dalam diskusi panel dan lokakarya pembentukan konsorsium pada 7 isu utama tersebut. Diskusi dan lokakarya ini dilakukan untuk mengevaluasi kerjasama Indonesia-Perancis, membangun kemitraan berkelanjutan dan penyediaan pendanaan yang stabil bagi setiap program yang disepakati, memperkuat pertukaran mahasiswa, pengajar dan peneliti serta mengatasi kendala bahasa, mengembangkan skema kerja sama dengan industri dalam program riset dan pelatihan serta mendorong pemerintah daerah (kota/provinsi) Indonesia maupun Perancis untuk mulai bekerja sama dalam skema desentralisasi.

JWG ke-8 ini akhirnya menyepakati kerja sama dalam skema konsorsium yang melibatkan universitas, lembaga penelitian dan industri di kedua negara, dan Unhas terlibat secara aktif mendorong lahirnya konsorsium tersebut.

Di sela-sela pertemuan tahunan JWG ini, dilaksanakan pula penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Unhas dan Universitas Montpellier Perancis. Kerjasama ini mencakup pertukaran mahasiswa, dosen dan staf administrasi; pertukaran hasil publikasi, materi akademik dan informasi terkait; kerjasama kelas bersama, konferensi dan proyek penelitian; serta pembukaan doktoral internasional antara Unhas dan Universitas Montpellier. Nota Kesepahaman ini ditandatangani oleh Rektor Unhas Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu dan Presiden Universitas Montpellier Prof. Philippe Augé.

Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina mengharapkan kerjasama dengan Universitas Montpellier dan secara umum Universitas di Perancis dapat kembali memperkuat hubungan yang sebelumnya sangat erat dan aktif. Ini di tandai dengan banyaknya dosen Unhas yang menyelesaikan pendidikan di Universitas di Perancis serta kerjasama riset yang telah dilakukan. Selain itu, kerjasama ini akan mengangkat posisi Unhas di level internasional. Kerjasama dengan Universitas Montpellier ini merupakan kerjasama yang kelima dengan Universitas di Perancis, setelah sebelumnya dengan Universitas Paris Sorbonne, Universitas  Poitiers, Universitas Toulouse, dan Universitas Nantes. 

 

 

Baca juga :