Unhas-Lapan Kerjasma Kembangkan Tehnologi Keantariksaan

16 Mar 2017 , Humas02 Kerjasama

Wakil Rektor IV Unhas Prod.dr. Budu, Ph.D bertukar cinderamata dengan Dr. Rika Andrianti seusai melakukan penandatangan kerjasama di Gedung Rektorat Unhas (Foto: Humas)

Universitas Hasanuddin melakukan penandatangan kerjasama dengan  Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di Gedung Rektorat Unhas, Kamis (16/3).  Penandatanganan kerjasama ini, menurut Wakil Rektor IV Unhas Prof. dr. Budu, Ph.D merupakan perpanjangan kerjasama yang telah dilakukan pada tahun 2013.  “Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama ini Unhas juga akan berkembang di riset-riset keantariksaan bersama dengan Lapan,” harap Prof. Budu yang didampingi Dekan Fakultas MIPA Unhas Dr. Amiruddin.

Sementara Deputi Bidang Penerbangan dan Antariksa Lapan Dr. Rika Andrianti menyatakan dengan adanya kerjasama dengan Unhas yang dilakukan sejak tahun 2013, Lapan merasa diri sudah semakin kuat di bidang riset antariksa.  Apalagi sekarang, menurut Rika, sudah ada amanat dari pemerintah untuk membangun bandara antariksa dan dipersilahkan untuk melakukan komersialisasi.  “Alhamdulillah, sudah ada lampu hijau dari pemerintah untuk membangun bandara dan Lapan juga dipersilahkan jika ada produk-produknya yang mau dikomersialisasi.  Karena itu, kami optimis bidang penelitian antariksa ini akan berkembang pesat ke depan,” kata Rika.

Salah satu tindak lanjut dari amanah tersebut adalah melakukan kerjasama dengan dunia pendidikan  serta kerjasama-kerjasama internasional untuk meningkatkan kualitas riset di bidang antariksa . “Kami bekerjasama dengan Unhas karena kami menilai Unhas juga telah berkembang di bidang riset kedirgantaraan ini.  Apalagi saat ini Lapan diminta lebih foukus untuk pengembangan tekhnologi keantariksaan,” ujar Deputi Bidang Penerbangan dan Antariksa ini. Dia mengungkapkan jika Lapan saat ini baru memiliki Satelit A3. “Untuk Satelit A4 Lapan sementar mempersiapkan,” tandasnya. (**)

Baca juga :