UNHAS dan PT. BNI Kerja Sama e-Commerce Celebes Mall

24 May 2017 , admin00 Kerjasama

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA dan Senior VP Divisi Hubungan Kelembagaan PT. Bank BNI Tbk., Sujono Said, usai penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Aplikasi E-Commerce Celebes Mall (Rabu, 24/05/2017)

Dalam rangka mendorong pengenalan masyarakat terhadap produk-produk yang dihasilkan oleh Universitas Hasanuddin (UNHAS), hari ini berlangsung penandatanganan kerjasama antara UNHAS dan PT. Bank BNI Tbk. untuk aplikasi e-commerce yang diberinama Celebes Mall.  Aplikasi e-commerce yang beralamat di www.celebes-mall.com ini dikembangkan bersama-sama oleh Tim e-Commerce UNHAS dan Tim Marketplace BNI yang dipimpin langsung oleh Direktur Inovasi, Riset, dan Pengembangan UNHAS, Prof. Dr. Ir. Sudirman, MPi.
 
Acara yang berlangsung di Lounge Rektor, Lantai 8 Gedung Rektorat UNHAS ini berlansung pada pukul 14.30, dan dihadiri oleh dekan-dekan, para Kepala Biro, Kepala Lembaga, dan Unit-unit di lingkungan UNHAS.  
 
Sementara dari pihak PT. Bank BNI Tbk. dihadiri oleh Sudjono Said (Senior Vice President Divisi Hubungan Kelembagaan PT. Bank BNI Tbk.), Edy Awaluddin (CEO Wilayah Makassar PT. Bank BNI Tbk.), Faisal (Head of Bussiness Banking Wilayah Makassar), Agus Suyono (Pemimpin PT. Bank BNI Tbk. Cabang Makassar), Hadi Santoso (Head of Customer Retail BNI Wilayah Makassar). 
 
Dalam sambutannya, Direktur Inovasi, Riset, dan Pengembangan UNHAS, Prof. Dr. Ir. Sudirman, MPi mengatakan bahwa gagasan membangun e-commerce ini mulai muncul sejak bulan Desember 2016 lalu.  “Ketika itu, Ibu Rektor mengemukakan kegalauannya tentang produk-produk hasil inovasi dan riset UNHAS yang terus tumbuh, akan tetapi belum dikenal luas oleh masyarakat.  Padahal, salah satu mandat UNHAS sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) adalah tuntutan untuk hilirisasi ”.  
 
Pada saat itu, kebetulan PT. Bank BNI Tbk. juga sedang mengembangkan kemitraan dengan perguruan tinggi untuk membantu kampus-kampus memperkenalkan dan memasarkan produk inovasinya melalui e-commerce.  Setelah melakukan beberapa kali pertemuan pendahuluan, maka kedua belah pihak menyepakati untuk melakukan kerjasama membangun e-commerce www.celebes-mall.com.
 
Menindaklanjuti hal itu, Direktur Inovasi, Riset, dan Pengembangan kemudian diberi tugas oleh Rektor untuk mengimplementasikan terwujudnya e-commerce ini.  “Pada awalnya, kami mengira bahwa proses ini bisa selesai dalam waktu singkat.  Ternyata, tidak semudah seperti yang kami bayangkan.  UNHAS memiliki banyak unit bisnis yang tersebar disetiap fakultas.  Umumnya, masing-masing fakultas memiliki unit bisnis yang beragam.  Kita ingin memasarkan produk-produk yang dihasilkan, namun untuk berinvestasi membangun mall atau pusat belanja itu butuh waktu lama dan biaya tinggi.  Nah, dengan e-commerce kita bisa memanfatkan aktivitas online,” papar Prof. Sudirman dalam sambutannya.
 
Sementara itu, Rektor UNHAS, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, dalam sambutannya menyambut baik kerja sama ini.  Beliau menekankan pada tingginya tingkat pertumbuhan produk-produk inovasi UNHAS dan adanya keinginan yang kuat untuk mendorong kemashlahatan UNHAS bagi masyarakat luas.  “Kita ingin agar UNHAS tidak hanya dikenal sebagai penghasil ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga dapat memberi manfaat bagi masyarakat luas, terutama bagi pengusaha kecil dan menengah.  Itulah sebabnya kami memilih nama Celebes Mall, sebab ini dapat memberi peluang bagi produk-produk yang dihasilkan oleh unit-unit bisnis binaan UNHAS yang tersebar di luar kampus,” kata Prof. Dwia.
 
“Saat ini, kita sedang mengembangkan Rumah Kreatif yang nantinya akan menjadi wadah mengembangkan kemasan produk-produk UNHAS.  Setelah ini selesai, kita akan semakin intensif menawarkan berbagai produk dan keunggulan UNHAS. Jadi, bukan hanya produk-produk inovasi saja, termasuk juga keahlian, buku-buku, serta konsultasi dari pakar-pakar UNHAS dapat kita tawarkan kepada masyarakat.  Apalagi, sekarang kita sudah memiliki PT. Inovasi Benua Maritim yang akan menjadi tulang punggung bagi bisnis-bisnis UNHAS ke depannya,” kata Prof. Dwia.
 
Senior Vice President Divisi Hubungan Kelembagaan PT. Bank BNI Tbk., Sujono Said, dalam sambutannya mengatakan bahwa BNI melihat di kampus itu banyak inkubator bisnis yang mengembangkan berbagai macam produk. Tapi nampaknya masih lemah dalam pemasaran.  “Disinilah kami ingin berperan.  Kami ingin menjadi jembatan yang menghubungkan antara inovasi perguruan tinggi dengan kebutuhan masyarakat.  Saya kira, ini bersambut dengan keinginan Ibu Rektor untuk berkontribusi bagi kemashlahatan bangsa,” tegas Sujono.
 
Pria yang telah 35 tahun menjalani karir di BNI ini menilai bahwa sekarang ini aktivitas online telah menjadi rutinitas warga.  Bahkan, anak-anak itu sejak bangun tidur sampai tidur kembali memenuhi aktivitas mereka dengan sentuhan online.  “Anak-anak itu sekarang ini jika memesan makanan sudah menggunakan e-commerce.  Jika penjualan meningkat, maka pasti kebutuhan produksi akan meningkat juga.  BNI telah bekomitmen, jika situasi ini terjadi, kami akan siap mendukung pembiayaan,” janji Sujono Said yang disambut dengan aplaus dari hadirin.
 
Acara yang berakhir pada pukul 16.00 ini ditutup dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Marketplace UNHAS dan PT. BNI untuk merealisasikan aplikasi Celebes Mall. (*)
 
 
 
 
 

Baca juga :