Unhas dan 10 PTN-BH Lain Target Tembus Top 500 Dunia

19 Mar 2016 , admin00 Kerjasama

Unhas.ac.id, Makassar - Universitas Hasanuddin dan 10 Perguruan Tinggi Negeri yang telah berstatus Badan Hukum (PTN-BH) menargetkan masuk dalam peringkat 500 perguruan tinggi dunia.  Hal ini tertuang dalam pembahasan pembentukan Forum Majelis Wali Amanat Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum di Aula Garuda Mukti, Kantor Manajemen Universitas Airlangga Surabaya, 17 - 18 Maret 2016.  

Forum ini beranggotan Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Hasanuddin (Unhas), Institur Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), dan Universitas Diponegoro (Undip).

Sebagaimana dikutip dari Antara, Ketua MWA Unair yang juga mantan menteri sekretaris kabinet, Sudi Silalahi, mengatakan "Kalau selama ini Kemenristekdikti, Kemenkeu, Bappenas, DPR, BPK, dan instansi lainnya tidak ada 'titik temu' terkait WCU, maka Forum Kerja Sama MWA PTN-BH akan dapat menjadi fasilitator untuk itu". 

Pertemuan ini juga menghasilkan Komunike Surabaya, yang antara lain menyebutkan bahwa Forum Kerja Sama MWA PTN-BH juga akan dapat mengoptimalkan perwujudan World Class University melalui konsultasi pimpinan Forum Kerja Sama MWA PTN-BH dengan Kemeristekdikti, Kemenkeu, DPR, Bappenas, BPK.

"Kalau Komisi X DPR bilang ada anggaran (Rp8 triliun) yang tidak diusulkan, lalu Kemenristekdikti bilang anggarannya terbatas, maka Forum Kerja Sama MWA PTN-BH dapat menjembatani," kata Sudi Silalahi, sebagaimana dikutip Antara. (Website Admin)

Baca juga :