UNHAS Bimbing Tiga Perguruan Tinggi di Sulawesi Selatan

6 Jun 2017 , admin00 Akademik

Ketua LPMI, Prof. Dr. Dirayah Rauf Husain, DEA menyerahkan Surat Perjanjian Kerja Sama kepada Rektor Universitas Cokroaminoto Makassar dan Universitas Andi Jemma Palopo (foto: gandover)

Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan proses pendidikan pada Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia, Kemenristekdikti melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) meluncurkan “Program Asuh Menuju PT Unggul” pada bulan April 2017.  Sebanyak 26 Perguruan Tinggi, termasuk Unhas, terpilih untuk memberikan bimbingan dan bantuan teknis kepada PT yang masih berstatus akreditasi C agar dapat meningkat menjadi akreditasi B. 
 
Unhas merupakan PT Unggul sebagai pelaksana kegiatan ini akan memberikan bimbingan penjaminan mutu kepada Universitas Cokroaminoto Makassar, Universitas Andi Jemma Palopo, dan Universitas Muhammadiyah Parepare.
 
Hal itu diungkapkan Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Dirayah Rauf Husain, DEA, ketika menyerahkan Surat Perjanjian Kesepakatan Implmentasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) kepada dua Rektor PT, yaitu Universitas Cokroaminoto dan Universitas Andi Jemma.  Acara penyerahan sertifikat kerja sama ini berlangsung pada hari Sabtu, 10 Juni 2017, pukul 10.00 berlangsung di Ruang Kerja Ketua LPMI Unhas.
 
Sebagai pelaksana program ini, Unhas akan melakukan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk pelaksanaan dan penguatan secara utuh Sistem Penjaminan Mutu Internal dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Berbagai kegiatan yang dilaksanakan antara lain, penguatan leadership, bimbingan teknis penyusunan dokumen mutu SPMI yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi, strategi meraih hibah penelitian dan hilirisasinya, serta publikasi pada jurnal internasional bereputasi”, kata Prof. Diarayah disela-sela penyerahan sertifikan kerja sama.
 
Dengan kegiatan ini, diharapkan akan mampu memotivasi dan mendorong peningkatan kinerja Tri Dharma dari ketiga civitas akademika PT tersebut, sehingga nantinya akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan sehingga reputasi dan akreditasi prodi akan lebih baik.
 
Rektor Universitas Cokroaminoto Makassar (UCM), Prof. Dr. Muhammad Asdar, SE, M.Si, menyambut dengan gembira pelibatan dalam kegiatan ini.  “Ini merupakan suatu rahmat bagi kampus kami.  Saya baru saja dilantik sebagai Rektor UCM pada 7 April 2017 lalu. Kemudian kampus kami terpilih untuk memperbaiki mutu prodi dan universitas, bagaimana membuat jurnal internasional, leadership, dan hal-hal terkait.  Kami siap melaksanakan kegiatan ini”, kata Prof. Asdar.
 
UCM telah menyiapkan tim yang akan terlibat dalam implementasi Program Asuh PT Unggul yang akan berlangsung selama masa 4 bulan mendatang. (*)
 
 

Baca juga :